Mulai 20 April 2020, Kawasan Pasar Lama Sentani Resmi di ‘Lockdown’

0
Petugas kepolisian mempersiapkan penutupan kawasan pasar lama sentani / ist

Sentani, Topikpapua.com, –  Pemerintah Kabutapen Jayapura mengambil langkah tegas guna memutuskan rantai penyebaran covid-19 di bumi kenambai umbai. Salah satunya dengan mengkarantina wilayah kawasan pasar lama, Sentani.

Jubir Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Jayapura, Khairul Lie mengaku Langkah tersebut di tempuh karena dari 23 kasus positif covid di Kabupaten Jayapura, 13 kasus diantaranya berasal dari Jalan Mambruk Eks Pasar Lama Sentani.

“ Atas alasan tersebutlah kami memutskan untuk mengkarantina daerah tersebut dan Penetapannya atas kesepakatan bersama yang telah di tandatangani oleh Ketua Tim Gugus Tugas yang juga adalah Bupati Jayapura beserta seluruh unsur Forkompimda di Kabupaten Jayapura, “Ungkap Khairul kepada Redaksi Topik, Minggu (19/04/20) malam.

Dijelaskan Khairul, dalam karantina ini ada beberapa hal yang diatur, diantaranya pemerintah akan menyiapkan sembako untuk keperluan keluarga yang masuk dalam wilayah karantina.

“ Akan disiapkan logistik untuk keluarga yang terdampak akibat karantina tersebut, kita juga akan atur keluar masuk orang akan dibatasi dan akan dibuat posko jaga untuk jaga wilayah tersebut. Pengecualian pertama bagi petugas kesehatan, tenaga Keamanan atau tenaga-tenaga yang berhubungan dengan kebandaraan dan urusan logistik akan mendapatkan izin dari pasko tim gugus tugas yang ada di baris depan, “Jelas Khairul.

Khairul menambahkan bila akan disiapkan layanan khusus bagi keadaan emergensi bagi warga yang berada dalam wilayah karantina.

“ Kita akan siapkan juga layanan emergensi, nomor kontak telepon bagi ibu hamil melalui Nomor HP: 0823 222 02224 halo bidan, 0821 978 230 36 di Puskesmas Sentani, juga 0852 4464 0609 melalui VK di Sentani, Call Center Dinas Kesehatan dengan nomor HP 0811 4820 444, RSUD Yowari 0811 4820 555 dan kemudian posko induk kita dengan nomor 0811 4820 333,” Beber Khairul Lie.

Selain penetapan karantina bagi wilayah eks pasar lama, Mulai tanggal 20 April 2020 untuk seluruh wilayah kabupaten Jayapura akan di lakukan pembatasan waktu aktifitas.

“Kami juga sudah pepakat mulai besok, diatas jam 2 siang pengawasan terhadap waktu operasional dan seluruh aktivitas manusia akan dipantau secara ketat. Untuk itu, kami berharap masyarakat bisa berada di rumah,” Tukas Khairul.

“Kami harapkan kerjasama dari seluruh masyarakat kabupaten Jayapura atas apa yang telah diputuskan oleh tim gugus tugas Covid-19 Kabupaten Jayapura, langkah ini kami ambil untuk kebaikan kita semua” pungkas Khairul lie. (Irf/RT)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here