Walikota Jayapura, Benhur Tomi Mano (BTM) / ist

Jayapura, Topikpapua.com, – Walikota Jayapura, Benhur Tomi Mano (BTM) mengungkapkan bila saat ini status Covid-19 di kota Jayapura turun dari level IV ke Level III.

“Status covid-19 kita sudah turun dari Level IV ke level III, untuk itu ada beberapa hal yang sudah kita sepakati dalam rapat hari ini, diantaranya jam aktifitas perekonomian kita perpanjang hingga pukul 10 malam,”Ungkap BTM saat membacakan kesimpulan rapat penanganan covid-19 di halaman kantor walikota jayapura, Senin (30/08/21).

Baca Juga : Mulai 1 Juli, Aktifitas Warga Dibatasi Hingga Jam 8 Malam

Selain perpanjangan jam aktifitas perekonomian warga, ada sejumlah pelonggaran yang di sepakati, diantaranya, Tempat peribadatan bisa kembali buka dengan kapasitas 50 persen dari kapasitas yang ada dan dengan prokes yang ketat.

“Harus diperiksa suhu tubuh, mencuci tangan sebelum masuk, menjaga jarak dan selama peribadatan berlangsung jemaat tidak boleh membuka masker, “Ujar BTM.

Baca Juga : 7 Fakta Serangan Gelombang ke Dua Covid-19 di Papua, Nomor 4 Mengerikan..

BTM juga menjelaskan untuk dunia pendidikan, mulai tingkat PAUD hingga SMP tetap daring dan akan di evaluasi di bulan September, bila kasusnya turun maka bulan Oktober sudah bisa dilakukan tatap muka (khusus SD dan SMP).

“Untuk acara pernikahan, baik di hotel atau di tempat lainnya boleh dilakukan dengan kapasitas terbatas dan harus mengantongi ijin dari polresta dan satgas covid-19 kota jayapura. Prokes ketat harus diterapkan, “Kata BTM.

Baca Juga : Salut..! Walau Terpapar, Dokter Victor Tetap Layani Pasien Covid-19

Sementara untuk tempat hiburan, permainan anak, tempat wisata, restoran, cafe dan tempat umum lainnya bisa kembali buka dengan memperhatikan jumlah kapasitas pengunjung dan melaksanakan prokes yang ketat.

“Soal bagaimana detail aturan mainnya nanti akan diatur dalam intruksi walikota jayapura. Keputusan ini mulai berlaku pada tanggal 1 September 2021,“ujarnya.

BTM juga mengingatkan bila pelonggaran jam aktifitas malam tetap akan di ikuti dengan pengawasan yang ketat oleh tim satgas dibantu pihak keamanan.

“Satgas covid-19 kota jayapura akan terus melakukan dan penegakan hukum diatas pukul 22 malam dan operasi yustisi di tempat umum, “Tegas BTM.

Berdasarkan data dari satgas covid-19 kota jayapura di laporkan hingga Minggu 29 Agustus 2021 sebanyak 1.295 pasien covid-19 yang masih di rawat, 11.171 pasien dinyatakan sembuh, 263 meninggal dunia. Total komulatif sebanyak 12.729. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here