Mantap, Gang Coffe di Serui Miliki Barista Tuna Rungu

oleh -208 Dilihat
Rivaldi Hinoke, sosok waiters dan juga seorang peracik minuman kopi di salah satu mobil kopi di kab Kep Yapen/istimewa

Serui, Topikpapua.com, – Senyum hangat terpancar dari Rivaldi Hinoke, sosok waiters dan juga seorang peracik minuman kopi di salah satu mobil kopi di Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua. Ada yang istimewa darinya karena merupakan sosok tuna rungu.

Valdi bekerja kurang lebih hampir 2 tahun di mobil kopi bernama gang coffee. Direkrut nya Rivaldi dikatakan oleh Owner gang coffee karna melihat sosok Valdi yang memiliki keinginan besar untuk bekerja dan belajar selain itu juga menciptakan lapangan kerja bagi para penyandang tuna rungu.

” Dari awal saya buka tahun bisnis kopi ini tahun 2017 memang sering kegiatan di SLB, kunjungan kasih lah gitu,dan Nemu lah Valdi ini, yang cocok kriteria nya untuk kita rekrut, di tahun 2019 ” ungkap Agis yang juga merupakan wartawan sekaligus pengusaha kopi.

Kesulitan Agis dalam membangun bisnisnya ini memang tak mudah. Terlebih dengan adanya karyawan yang tuna rungu , harus lebih sabar menghadapi orang berkebutuhan khusus.

” Sebelum covid ada sekitar 6 karyawan, namun saat covid kita pengurangan karyawan saat itu, dan kini hanya ada 2 karyawan salah satunya Valdi,” jelasnya.

Meskipun begitu, pujian kerap menghampiri Valdi karna di katakan mampu bekerja dengan baik. Pria asal Ambon yang kini berusia 21 tahun tersebut pun bercita cita menjadi seorang ahli IT.

“ini kedepannya ada beberapa program juga buat teman2 tuna rungu lainnya untuk berbisnis, saya rasa kesempatan seperti ini harus di buka sebesar besarnya untuk para teman teman berkebutuhan khusus, mereka juga layak di pekerjakan dengan baik,” jelasnya.

Sebagai ibu dari Valdi, Sumarni mengungkapkan terima kasih karna mau mempekerjakan anaknya yang tuna rungu, dimana saat ini sulit sekali mendapatkan pekerjaan untuk anak anak yang berkembutuhan khusus.

” Kami bersyukur Valdi di kasih kesempatan kerja di tempat kak agis, dia banyak ketemu orang orang baru, dan merasa percaya diri,” jelas Sumarni, ibu dari Valdi. (Redaksi Topik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.