Anggota DPR-RI, John Siffy Mirin/Ist

Jayapura, Topikpapua.com – Anggota DPR-RI Dapil Papua, John Siffy Mirin mengatakan Otonomi Khusus (Otsus) adalah  satu solusi untuk kesejahteraan masyarakat Papua.

” Dengan Otsus, maka  masalah lokal dengan segala potensi dan kreativitas yang dimiliki daerah bisa terselesaikan dan dapat disalurkan secara tepat,” kata John, Jumat (07/08/20).

Ia menilai, landasan filosofis Otsus sudah sangat baik, hanya saja perlu dilakukan dievaluasi, agar tepat sasaran dengan pencapaian untuk kesejahteraan bagi Orang Asli Papua (OAP).

“Dasar niatnya sudah baik, hanya saja pelaksanaannya harus banyak dievaluasi,” kata John.

Legislator PAN ini berharap, Otsus mampu meminimalisir kesenjangan ekonomi dan pembangunan di Papua, bukan hanya menguntungkan segelintir pihak.

“Dengan Otsus kita mampu meminimalisis kesenjangan ekonomi dan pembangunan di Papua, itu bukan hanya menguntungkan beberapa pihak saja harus merata sampai ke masyarakat kecil,” katanya.

Ditempat berbeda, Tokoh Senior Papua,  Frans Maniagasi menilai pandangan Otsus harus diubah, sehingga implementasinya dapat terlaksana dengan  baik.

Ia menjelaskan, dengan dana Otsus yang mencapai Rp62 Triliun, seharusnya dapat mensejahterahkan rakyat Papua. Apalagi hampir 95% jabatan diduduki oleh putra daerah.

“Dana begitu besar di kucurkan, sementara sebagaian besar kepala daerah OAP, tapi Papua belum maju juga sampai sekarang. Ada apa?  ayolah kita jujur,” ungkap Frans Maniagasi.

Sebelumnya, Menkumham, Yasonna Laoly mengatakan Prolegnas prioritas tahun 2020 terdapat 13 RUU, yang menjadi tanggung jawab pemerintah, untuk disiapkan naskah akademik dan dilanjutkan pembahasannya. Dari 13 RUU tersebut, salah satunya adalah RUU Otonomi Khusus Papua. (Redaksi Topik)

1 KOMENTAR

  1. Tidak masuk akal sampaikan sebagai anggota DPRI atasanama papua yang duduk di parlemen senayan barang kali matanya buta atau karena duduk di parlemen jadi sampaikan di media seperti itu? Pembagunan otsus mana ada masjarakat sampai saat ini seperti faya dulu jangan wacana pura pura tidak tahu masalah sangat lucu dan aneh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here