KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman/foto ist

Jayapura, Topikpapua.com, – Kepala Staf  TNI AD (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengaku bahwa  saat ia dilantik sebagai Kasad, mengunjungi daerah operasi merupakan prioritas utamanya dalam mengawali tugas.

“Memang saya sudah niat pada saat saya dilantik sebagi Kasad bahwa prioritas pertama saya akan lihat daerah operasi, baik Timika maupun daerah Papua lainya, adalah prioritas utama yang saya kunjungi,” kata Dudung saat melakukan kunjungan kerja perdana di Makodam XVII/Cenderawasih, Jayapura, Papua, Selasa (23/11/2021).

Dengan menengok para punggawanya yang sedang bertugas di medan operasi, khususnya di Papua, kata Dudung, ia ingin melihat secara langsung kondisi prajurit TNI AD yang sedang melaksanakan tugas Negara.

“Saya ingin melihat anak-anak saya bagaimana kesulitan-kesulitan mereka di lapangan,  di dalam melaksanakan tugas ini. Saya tidak ingin mereka melaksanakan tugas sendirian,  artinya jangan mereka mengalami kesulitan di lapangan oleh karenanya kita berikan sepenuhnya, sarana dan prasarana yang memadai,” ujarnya.

Jenderal TNI bintang empat yang baru beberapa hari diamanatkan memimpin Korps Matra Darat ini juga mengaku, dirinya telah menyampaikan kepada prajuritnya bahwa melaksanakan tugas di Papua ini bukan untuk melakukan operasi perang, tetapi membantu Polri dan juga pemerintah daerah untuk memulihkan jalur perekonomian dan situasi keamanan setempat.

“Saya juga sampaikan jangan sampai sedikit pun berpikiran bahwa KKB (Kelompok Kriminal Bersenjata) itu adalah musuh kita, tapi mereka saudara kita yang belum paham tentang NKRI. Jadi dalam melaksanakan tugas jangan sampai berpikiran untuk membunuh mereka tapi dirangkul, diberikan  pemahaman-pemahanan sehingga mari kita bergabung membangun Papua ini,” tutur Dudung..

Dalam kunkernya, Dudung juga meminta prajurit TNI AD untuk memperhatikan keberadaan khususnya mama-mama Papua dan kaum milenial.

“Mereka itu harus kita perhatian, kondisi perekonomian, bagaimana pertumbuhannya , sehingga mereka bisa mandiri dan kaum milenial juga generasi penerus bangsa yang harus kita kawal, untuk kejayaan Papua ini,”pintanya.

Terkait kegiatan prioritas pembinaan territorial (binter), menurutnya, prajurit bisa membantu masyarakat dengan memberikan bibit ternak dan pertanian.

“Kita membantu perekonomian sehingga memberikan pelajaran dan membantu masalah kesehatan termasuk pendidikan di pedalaman di kampong-kampung . TNI harus dicintai rakyatnya, dan angota TNI harus lebih cinta dan lebih sayang kepada rakayatnya seperti yang sudah dicontohi Presiden RI,”bebernya.

Dudung kembali menegaskan, kesejahteraan prajurit TNI AD yang bertugas di Papua juga harus diperhatikan.

“Saya sudah sampaikan ke Pangdam bahwa kesejahteraan prajurit di Papua menjadi prioritas utama. Saya akan menjadikan satuan disini tidak akan mengalami kesulitan perumahan maupun kesejahteraan lain karena disini cukup mahal. Jangan sampai prajurit terlalu banyak berpikir masalah sarana dan prasarana nanti akan kita dukung, lebih baik berpikir kemajuan bangsa dan negara kita lakukan sepenuh hati. Kitra cinta Papua maka rakyat Papua cintai kita semua,” tandas Dudung. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here