Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Mimika, Papua/foto istimewa

Timika, Topikpapua.com, – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Mimika, Papua, Jumat (22/10/2021).

Kunker tersebut juga turut serta Kapolda Papua Irjen Polisi Mathius D. Fakhiri, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata, serta sejumlah pejabat Mabes Polri dan Polda Papua.

Panglima TNI dan Kapolri beserta rombongan mengawali kunkernya dengan meninjau Mako Brigif-20/IJK/3 Kostrad sekaligus melakukan penanaman pohon.

Kapolri disela-sela kegiatan, menyampaikan rasa bangganya kepada personel TNI-Polri yang tetap solid. Hal ini terlihat saat penyambutan Panglima dan Kapolri ketika masuk ke Mako Brigif-20/IJK/3 Kostrad.

“Saya berpesan ini harus terus kita dipelihara. Saya berikan apresiasi setinggi tingginya kepada rekan-rekan atas beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan dengan aman dan lancar, khususnya PON XX Papua tahun 2021 baik sebelum, pelaksanaan dan pasca kegiatan yang berjalan aman dan lancar. Serta hal hal yang berkaitan dengan Covid-19 berjalan aman tanpa adanya lonjakan kasus,” kata Kapolri.

Kapolri tak menampik bahwa sinergitas kerja keras personel TNI dan Polri dan Dinkes setempat terus digalakkan dalam kegiatan vaksinasi. Sehingga strategi vaksinasi yang dilakukan berdampak pada terwujudnya kekebalan masyarakat khususnya yang tinggal di sekitar venue PON XX Papua.

” Kedepan akan banyak event yang akan digelar, khusus di Papua akan ada Pesparawi dan Peparnas. Ini tentunya akan menghadirkan penonton dan ada potensi naiknya angka Covid-19. Oleh karena itu, PON XX Papua kemarin kita jadikan acuan langkah untuk event event berikutnya,” pesan kapolri.

Sementara Panglima TNI dalam wejangannya menekankan bahwa TNI dan Polri adalah institusi strategis milik rakyat Indonesia. Pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia telah mempercayakan seluruh tugas kepada prajurit TNI-Polri.

Tugas-tugas itu, lanjut panglima yakni meliputi penugasan didaerah terpencil, pedalaman, perbatasan, menghadapi terorisme, merawat masyarakat terpapar Covid-19, melaksanakan vaksinasi, membagikan sembako untuk masyarakat yang membutuhkan, menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, mengajar masyarakat dan anak anak diperbatasan, memberikan pelayanan kepada masyarakat di perbatasan.

” Itu semua dibentangkan pada pundak kalian prajurit TNI-Polri,” tegas panglima.

Disinggung soal perhelatan PON XX Papua yang telah belangsung dengan tertib, aman dan sukses. Menurut Panglima, itu semua menunjukkan bahwa personel TNI dan Polri telah melaksanakan profesionalisme dengan baik.

” Dunia melihat bahwa dalam pelaksanaan PON XX Papua, Papua aman dan telah pesat melaksanakan pembangunan setara dengan wilayah lain di Indonesia bagian Barat. Dan prajurit TNI-Polri beserta institusi terkait berhasil mengendalikan angka laju Covid-19,” imbuhnya.

Selanjutnya Panglima kembali berpesan kepada para punggawa negara ini, bahwa tugas TNI dan Polri berbeda karena latar belakang, namun dipersatukan oleh semboyan Bhineka Tunggal Ika.

“Untuk itu tetap pelihara profesionalisme, pegang teguh Sapta Marga dan Sumpah Prajurit juga Tribrata dan Catur Prasetya. Selamat bertugas sampai bertemu kembali di ruang pengabdian yang berbeda,” pungkasnya. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here