Kunjungi Wamena, Kapolda Papua : Situasi Sudah Kondusif

0
Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw saat berbincang dengan anak-anak di wamena / ist

Wamena, Topik papua.com, – Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw  menyebut bila kondisi di kota wamena sudah kondusif. Hal tersebut disampaikan Kapolda usai mengunjungi sejumlah tempat di wamena, Minggu 06 Oktober 2019.

Menumpang pesawat Trigana Air IL 275 PK-YSK, rombongan kapolda tiba di Wamena di sambut oleh Karo Ops Polda Papua Kombes Pol Gatot Haribowo, Dansat Brimob Polda Papua Jermias Rontini, S.I.K., M.Si., Dansat Brimob Babel, Kapolres Jayawijaya AKBP Tonny Ananda, S.H., Dandim 1702 / Jayawijaya Letkol Inf Candra Dianto, S.H., dan para Perwira Brimob BKO,  Polres Jayawijaya dan Kodim 1702 JWY.

Di wamena, Kapolda menggelar pertemuan di Aula Mapolres Jayawijaya bersama Kapolres dan aktivis pemuda Papua. setelah itu Kapolda dan rombongan mengunjungi pengungsi yang berada di seputaran Mapolres Jayawijaya serta dapur umum di Polres Jayawijaya.

Selanjutnya menuju Jalan Hom- hom Wamena untuk melihat kondisi pasca kerusuhan serta melihat Pos Pengamanan di Pikhe.

Kapolda Papua beserta Rombongan juga mengunjungi Gereja Lachairoi Hom hom wamena untuk melihat kondisi pengungsi.

Usai kunjungan nya Kapolda Papua mengatakan pihaknya telah berkomunikasi dengan Forkompinda Papua dan berencana untuk membangun rumah darurat untuk para korban kerusuhan di wamena.

” Kita sudah melaksanakan rapat dengan Pak Gubernur dan kita usulkan untuk pembangunan rumah darurat, dan dari PUPR serta kementerian sosial sudah mendatakan untuk kedepan dapat dibantu. Doakan saja agar bantuan tersebut bisa datang dalam waktu dekat, ” Ungkap Kapolda.

Kapolda Pulus juga mengharapkan semua warga di wamena agar tidak mudah terpengaruh isu-isu tentang adanya penyerangan dan isu lainnya yang sifatnya menyesatkan. Dirinya berharap agar warga percayakan semua masalah keamanan kepada pihak TNI-Polri.

” Saya menghimbau kepada bapak.-ibu untuk  tidak mendengar  isu-isu yang belum tentu kebenarannya,  membantu kami dan berdoa agar pelaku segera tertangkap, ” Kata Kapolda.

Kapolda juga menerangkan bila saat ini jumlah pengungsi yang menempati posko pengungsian, baik yang berada di kodim maupun Polres telah berkurang, ” Kami menghimbau kepada saudara saudara yang memiliki rumah bisa kembali ke rumah masing masing, jangan  khawatir aparat keamanan TNI dan Polri akan jamin keamanan di Kota Wamena ini, ” Pintah Kapolda.

Kapolda juga mengaku pihak nya hingga saat ini terus berkomunikasi dengan TNI untuk menempatkan beberapa pos-pos untuk memberikan rasa aman bagi warga wamena.

” Pada situasi saat ini pasti ada yang memanfaatkan ruang untuk melakukan penjarahan perampok, mencuri kami tingkatkan lagi penempatan pos dibeberapa titik. Pengembangan penyelidikan tetap dilakukan kita kembangkan sampai menemukan aktor dibalik semua rangkaian kerusuhan yang terjadi, ” Pungkas Irjen Paulus. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here