Ketua KPU RI, Arief Budiman bersama Ketua KPU Papua, Theodorus Kossay memberikan keterangan pers terkait peristiwa pembunuhan staf KPU Kabupaten Yahukimo, Hendry Jovinski/Ist

Jayapura, Topikpapua.com – Ketua KPU RI, Arief Budiman menginformasikan salah satu pelaku pembunuhan sadis staf KPU Yahukimo, telah tertangkap.

“Kami dapat kabar, salah satu pelaku kabarnya sudah berhasil ditangkap. Tapi itu nanti di koordinasi langsung kepada Polisi,” kata Arief dalam live streaming KPU, Rabu (12/08/20).

KPU berharap para pelaku ini, dapat di proses sebagaimana hukum yang berlaku, dan diberikan hukuman setimpal.

“Kami terus berkoordinasi dengan aparat keamanan dan berharap kejadian ini di proses sesuai hukum dan diberikan hukuman setimpal,” kata Arief

Terkait dengan pemberangkatan Jenazah, Arif menyebut, saat ini jenazah sudah diberangkatkan dari Papua, dan rencananya akan dimakamkan di Kabupaten Sleman.

“Rencananya jenazah akan di bawa ke Kabupaten Sleman dan agenda pemakaman sekitar pukul 09.00 WIB,” kata Ketua KPU Arief Budiman, melalui live streaming, Rabu (12/08/2020).

Kata Arif, KPU RI melibatkan beberapa KPUD dalam hal kepengurusan jenazah, mulai pemberangkatan dari Papua, hingga tiba di tempat peristirahatan terakhir di Kabupaten Sleman. Termasuk juga pengurusan pihak keuarga korban yang sebagian besar di Banyumas, Jawa Tengah.

” Kami sudah minta KPU Provinsi Papua, beberapa KPUD setempat, di Jogya dan Sleman untuk membantu proses kepulangan jenazah. KPU akan siapkan pemakaman,” katanya yang juga berencana, akan menghadiri langsung pemakaman Hendry

Sementara Thodorua Kossay, Ketua KPU Provinsi Papua, menambahkan bahwa kejadian yang menimpa Hendri, terjadi setelah keduanya pulang dari rumah rekannya saat membawa obat.

“Kedua korban ini dihadang oleh orang tak dikenal, dan korban dibunuh secara sadis, sementara rekan korban lari ketakutan dan minta pertolongan,” kata Theo.

Terkait dengan ditangkapnya seorang pelaku, Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal mengatakan masih di lakukan krocek.

“Dicek, tadi saya tinggalkan Yahukimo jam 12.00 WIT, masih belum,” kata Kamal melalui pesan Whats App, Rabu sore.

Sekedar diketahui, Hendry Jovinsky merupakan PNS KPU pengangkatan tahun 2019. Almarhum bertugas di KPU Yahukimo terhitung sejak diambil sumpah janji PNS, pada 16 Juni 2020 oleh Sekretaris KPU Papua, Rylo M. Panai.

“Atas nama KPU Papua, kami sangat berduka cita atas peristiwa ini,” kata Rylo. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here