KPU Resmi Umumkan Pemungutan Suara Pemilu Serentak pada 14 Februari 2024  

oleh
Ketua KPU Papua Diana Simbiak foto bersama komisioner dan pimpinan parpol usai peluncuran/foto Alleya

Jayapura, Topikpapua.com,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI secara resmi meluncurkan Hari Pemungutan Suara Pemilihan Umum Serentak 2024, yang akan berlangsung pada 14 Februari 2024, yang dituangkan dalam Keputusan KPU RI Nomor 21 Tahun 2022

Peluncuran secara daring (live streaming) turut diikuti seluruh KPU daerah, termasuk KPU Provinsi Papua, Ketua Bawaslu dan perwakilan Partai Politik di Hotel Grand Abe, Senin (14/2/2022) malam.

Ketua KPU Provinsi Papua, Diana Dorthea Sembiak mengungkapkan, dengan peluncuran hari pemungutan suara Pemilu Serentak, menandakan KPU Papua siap melaksanakan pesta demokrasi yang tinggal 24 bulan lagi.

“Kegiatan ini sebagai moment istimewa yang digelar secara nasional, terkhususnya bagi kami selaku penyelenggara dalam mempersiapkan Pemilu secara profesional dan berintegritas,” kata Diana.

Melihat rentan waktu selama 2 tahun kedepan, KPU Papua dan jajaran KPU di 29 Kabupaten/kota optimistis siap melaksanakan semua tahapan pelaksanaan Pemilu sebagaimana jadwal nasional pada 14 Februari 2024 mendatang.

“Secara tahapan tentunya dimulai dari sosialisasi terkait pelaksanaan Pemilu, selanjutnya terkait anggaran dan yang paling penting adalah pemuktahiran data,” beber Diana.

Sementara Anggota KPU Papua, Adam Arisoy menambahkan, KPU diberikan waktu yang sangat panjang guna mempersiapkan tahapan Pemilu Serentak tahun 2024 mendatang.

“Jadi, penyelenggara mencanangkan hari ini dengan memberikan satu landasan, kepastian hukum dalam hal penyiapan semua perangkat pelaksanaan dalam mempersiapkan Pemilu Serentak di tahun 2024,” kata Adam.

Adam menjelaskan, dengan persiapan-persiapan tersebut akan menjadi bagian yang sangat penting bagi penyelenggara dalam hal melakukan konsolidasi dan sosialisasi pelaksanaan tahapan Pemilu Serentak 2024 bersama pemerintah, Partai Politik maupun peserta untuk menyukseskan pemilu serentak di tahun 2024 mendatang.

“Yang pasti dalam hal kesiapan KPU memiliki banyak waktu untuk menyiapkan semua program Pemilu Serentak termasuk dukungan SDM terkhususnya penyelenggara tingkat bawah,” tandasnya.

Sebelumnya dalam peluncuran semalam, Ketua KPU Ilham Saputra mengatakan, dengan adanya peluncuran Hari Pemungutan Suara Pemilu Serentak tahun 2024,  masyarakat diharapkan sadar terhadap pelaksanaan Pemilu pada 14 Februari 2024 mendatang

“Semoga dengan dilaksanakan launching hari ini, kita berharap agar masyarakat  aware terhadap pelaksanaan Pemilu tahun 2024 yang akan dilaksanakan 14 Februari 2024,” kata Ilham.

Selain itu, lanjut Ilham, peluncuran tersebut agar masyarakat nantinya dapat berpartisipasi pada Pemilu 2024.

“Ini seperti syiar, seperti sosialisasi kepada masyarakat agar masyarakat paham dan aware dan ikut berpartisipasi dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 yang akan datang,” pungkas Ilham. (Redaksi Topik)

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.