Ketua KPU Papua Diana Dorthea Simbiak/foto istimewa

Jayapura, Topikpapua.com, – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua, Diana Dorthea Simbiak, mengungkapkan bahwa pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Kabupaten Yalimo dijadwalkan pada Minggu ketiga Januari 2022 mendatang.

“Jadi, untuk jadwal PSU nya itu tanggal 26 Januari 2022. Jadwal ini sesuai tenggang waktu 120 hari kerja yang diberikan MK (Mahkamah Konstitusi) melalui putusannya nomor 145/PHP.BUP-XIX/2021 tanggal 29 Juni lalu,” kata Diana di Jayapura, Kamis (28/10/2021).

Ia juga tak memungkiri bahwa jadwal PSU Yalimo mengalami beberapa revisi, lantaran terkendala situasi keamanan serta ketersediaan anggaran. Lantas, mengacu pada revisi jadwal terakhir, KPU Yalimo telah melakukan beberapa tahapan seperti pendantanganan NPHD dan pengumuman pembukaan pendaftaran.

” Tahapan PSU sudah berjalan, jadi sejak tanggal 25 dan terkahir hari ini (28 Oktober) KPU telah membuka pendaftaran untuk bakal calon baru,” beber Diana.

Ditambahkan Diana, pengumuman pendaftaran akan dibuka kepada calon baru yang ingin menggunakan jalur perseorangan maupun partai politik.

Masih dikatakan Diana, sebagaimana putusan MK, PSU Yalimo tetap diikuti oleh pasangan Calon Nomor Urut 2 (Lakius Peyon, SST.Par dan Nahum Mabel, S.H.) sepanjang tetap memenuhi syarat pencalonan, dan membuka kesempatan bagi pasangan calon baru termasuk memberikan kesempatan bagi John W. Wilil sepanjang memenuhi persyaratan.

“Artinya paslon nomor urut 2 sudah memenuhi syarat, demikian juga paslon nomor urut 1 yakni Wakilnya John W.Wilil. Apakah akan tetap maju sebagai wakil atau menjadi calon Bupati dan calon baru yang mendaftar nanti, intinya semua harus memenuhi syarat sebagaimana UU 10 tahun 2016,” tandas Diana. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here