Kogabwilhan III Minta Tim Investigasi Usut Seluruh Rangkaian Kejadian di Intan Jaya

1
Evakuasi korban penembakan KKB yang juga anggota TGPF Kasus Intan Jaya, menuju Jakarta/Ist

Jayapura, Topikpapua.com, – Kogabwilhan III minta Tim Investigasi TNI AD melakukan pengusutan secara menyeluruh terhadap seluruh rangkaian kejadian yang terjadi di Kabupaten Intan Jaya.

Permintaan ini menyusul tindak lanjut hasil laporan Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF), oleh Tim Investigasi TNI AD sejak  beberapa waktu lalu.

“Harus diusut tuntas secara menyeluruh, jangan hanya fokus pada 1 kasus dan mengesampingkan kasus lainnya, karena ini adalah satu rangkaian kejadian,” kata Kepala Penerangan Kogabwilhan III, III Kolonel Czi IGN Suriastawa, Senin (02/11/20).

Sebab kata Kapen Nyoman, seluruh fakta dari rangkaian paling mendasar, yakni keberadaan gerombolan kriminal bersenjata.

“Jadi itu sumber masalah di Papua ini,sehingga harus diusut tuntas semua dan jangan menghilangkan inti persoalan,” katanya.

Kata Kapen Nyoman, pihaknya tetap mendukung keputusan pemerintah.

“Sejak awal TNI mendukung keputusan pemerintah terkait hal ini, dan aktif mengamankan TGPF selama tugas investigasi di lapangan, termasuk bila ternyata dari proses hukum, terdapat keterlibatan oknum prajurit,” katanya.

Sebelumnya, TGPF menyampaikan hasil laporannya kepada  Menko Polhukam RI, Prof Dr Mahfud MD, 21 Oktober 2020 lalu. Hasil laporan itu juga telah ditindak lanjuti oleh Tim Investigasi TNI AD beberapa waktu lalu.

Selain TGPF,  Tim Independen Kemanusiaan (TIK) yang diketuai Haris Azhar juga mengumumkan temuan hasil investigasinya yang lebih detail memaparkan uraian kejadiannya, waktu, tempat bahkan nama-nama pelakunya.(Redaksi Topik)

 

 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here