Kogabwilhan III : Jangan Bawa Sentimen Agama Dalam Setiap Aksi KKSB

0
Markas Kogabwilhan III/ Istimewa

Jayapura, Topikpapua.com, – Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III, minta KKSB tidak mengaitkan aksinya dengan kepentingan Agama.

Kapen Kogabwilhan III, Kol Czi IGN Suriastawa, Senin (26/10/20), menyebut pasca kejadian di Hitadipa, ada kecenderungan korban dari pihak KKSB selalu dikaitkan dengan tokoh agama, termasuk 3 kasus lainnya, yang oleh KKSB dikaitkan dengan tokoh agama.

“Sangat disayangkan karena membawa-bawa sentimen agama untuk kepentingan aksi KKB ini,” kata Kapen Nyoman.

Demikian halnya dengan tertembaknya Rubinus Tigau, yang kembali dikait-kaitkan dengan agama. Menurut Kapen Nyoman, yang bersangkutan adalah anggota KKSB aktif dan tak lain anak buah Sabinus Walker.

“Sasaran sudah diintai lama dan didasarkan info akurat bahwa yang bersangkutan ini aktif dalam aksi KKSB. Bahkan keluarganya dan saksi lainnya mengakui aktifitasnya ini sebagai anggota KKSB,” kata Kapen Nyoman.

Baca JugaPolda Papua Sebut Info Katekis dan Bocah Ditembak Aparat adalah Hoax

Diungkapkannya 19 Oktober lalu, KKB secara masif melakukan intimidasi untuk mengibarkan bendera bintang kejora, mereka bahkan berkumpul di rumah-rumah ibadah.

“Hal inilah sangat disayangkan karena membawa-bawa sentimen agama untuk kepentingan aksinya,” katanya.

Ia mengatakan, TNI/Polri sangat menghormati tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat dimanapun, termasuk di Papua. Aparat justru sangat membutuhkan kerjasama para tokoh ini, karena dengan pengaruhnya yang sangat besar kepada masyarakat, dan seharusnya dapat menjadi contoh tauladan dalam kehidupan masyarakat, termasuk dalam kepatuhannya pada hukum Indonesia.

“Tidak ada keuntungan berseberangan dengan tokoh-tokoh ini, aparat justru membutuhkan tokoh-tokoh untuk menjadi teladan bagi masyarakat Indonesia khususnya di Papua,” jelasnya.

Sebelumnya, Senin (26/10/20) sekitar pukul 05.30 WIT terjadi kontak tembak aparat gabungan TNI/Polri dengan  kelompok KKSB pimpinan Sabinus Walker. Satu orang atas nama Rubinus Tigau dinyatakan tewas dan seorang bocah 6 tahun terkena tembakan rekoset di bagian pinggang.  (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here