Dok : Pesawat Twin Oter yang ditembak KKSB di lapangan terbang Kenyam Ibukota Kabupaten Nduga pada juli 2018/ istimewa

Mapenduma, Topikpapua.com, – Kontak tembak antara kelompok Kriminal Sipil Bersenjata (KKSB) dengan anggota TNI kembali terjadi di Distrik Mapenduma, Kabupaten Nduga. Akibat kontak tembak, satu anggota TNI atas nama Praka Nasrudin, Gugur.

Kepala Penerangan Daerah Kodam VII/Cenderawasih, Kolonel Inf Muhamad Aidi lewat rilis nya yang di terima Redaksi Topik senin (28/01/19) malam menjelaskan bahwa kontak tembak terjadi pada hari senin siang sekitar pukul 10.30 Wit.

“ jadi awalnya itu ada info kalau Bupati Kabupaten Nduga, Yarius Gwijangge dan rombongan mau landing di bandara mapenduma, mereka infonya mau bawa logistic bama untuk bantuan sosial, “ ungkap Aidi menjelaskan awal kronologis kontak tembak.

“ Atas info itu Satuan Yonif RK 751/VJS yang sedang melaksanakan pengamanan di Distrik Mapenduma segera melaksanakan pengamanan di bandara, namun sesaat sebelum pesawat yang di tumpangi Rombongan Bupati mendarat, mereka di tembaki oleh KKSB dari arah ketinggian sebelah kanan disekitar bandara. Pasukan TNI segera membalas tembakan sehingga terjadi kontak tembak antatar TNI dan KKSB, “ Jelas Aidi.

Kelompok KKSB berhasil dipukul mundur dan melarikan diri ke arah hutan di balik ketinggian dan  pesawat berhasil mendarat dalam keadaan aman. Namun saat dilaksanakan pengecekan personel, salah seorang anggota atas nama Praka Nasrudin mengalami luka tembak di bagian perut sebelah kanan.

“ mengetahui ada yang tertembak, Teman-temannya berusaha memberikan pertolongan pertama, dan segera dievakuasi ke Timika, “ tambah Aidi.

Pukul 12.50 WIT Praka Nasrudin dan dua orang prajurit pendamping beserta  Bupati Nduga dengan pesawat Enggang Air Service berangkat dari bandara Mapenduma menuju Bandara Timika.

Saat dilaksanakan pertolongan medis di RSUD Timika, nyawa Praka Nasrudin tak tertolong. Saat ini jenazah Praka Nasrudin sedang disemayamkan di RSUD Timika, rencana besok akan dievakuasi ke Jayapura, “ Dari peristiwa tersebut, belum didapatkan keterangan apakah dari pihak KKSB ada juga yang jatuh korban, “ Pungkas Kolonel Aidi. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here