Keuskupan Timika Bantah Rufinus Tigau Terlibat Gerakan Separatis

0
Rufinus Tigau/Ist

Timika, Topikpapua.com,Keuskupan Timika membantah keterlibatan Rufinus Tigau dalam setiap aksi gerakan separatis, sebagaimana tuduhan aparat keamanan.

Rufinus yang tewas tertembak dalam insiden kontak tembak antara KSB dan Aparat Gabungan TNI/Polri, Senin (26/10/20) pagi itu, adalah seorang Katekis yang bertugas di Paroki Santo Michaelel Bilogai sejak tahun 2015.

“Tuduhan bahwa Rufinus terlibat dalam gerakan separatis atau kelompok bersenjata itu tidak benar. Ia seorang Katekis di Gereja Katolik Stasi Jalae,” kata Administrator Diosesan Keuskupan Timika, Pastor Marthen Kuayo melalui rilis yang diterima Redaksi Topik, Selasa (27/10/20)

Ia meluruskan, Rufinus dilantik sebagai  Katekis oleh Pastor Paroki Santo Michaelel Bilogai, Pastor Yustinus Rahangier Pr menggantikan Katekis yang meninggal,  Frans Wandagau.

Baca JugaPolda Papua Sebut Info Katekis dan Bocah Ditembak Aparat adalah Hoax

Rufinis bahkan membantu Pastor di Paroki Jalae, lantaran Pastor yang bertugas di Jalae bukan orang lokal dan tidak paham bahasa masyarakat setempat termasuk hal-hal lain yang berkaitan dengan kontek budaya lokal.

Diungkapkan pula, bahwasanya penembakan Rufinus, seorang Katekis di Gereja Stasi Emondi, Agustinus Duwitau (yang dilantik setelah pelantikan Rufinus) juga ditembak oleh aparat keamanan pada t 7 Oktober 2020.

“Agustinus ditembaki dalam perjalanan ke Emondi. Saat ini Agustinus masih menjalani perawatan karena luka tembak yang dialaminya,” katanya.

Paroki atau gereja selalu butuh orang yang sekolah atau bisa baca tulis untuk menjadi pewarta seperti Rafinus. Dalam ibadah setiap minggu pewarta juga berdiri di depan mimbar bersama dengan pastor. Karena pastor baca Alkitab dan khotbah dalam bahasa Indonesia, pewarta langsung menterjemahkan lisan dalam bahasa lokal, agar umat yang tidak mengerti bahasa Indonesia bisa paham dan ikut ibadah.

Ia menambahkan, saat ini Keuskupan Timika sedang menyusun laporan dan kronologis insiden penembakan yang menewaskan Rafinus. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here