Ketua KPU Yahukimo Bantah Setubuhi Anak di Bawah Umur, Begini Tangapan Bawaslu Papua

0
Collage ; Ketua KPU Yahukimo, Yesaya Magayang - Bawaslu Papua, Ronald Manoach/Ist

Jayapura, Topikpapua.com, – Ketua KPU Kabupaten Yahukimo, Yesaya Magayang Amd, Kep membatah tuduhan melakukan pemerkosaan anak dibawah umur.

Bantahan itu terkait dengan postingan akun Pace Nere yang diduga kuat sengaja disebarkan  di Groub Relawan FB ABOCK BUSUP MA-YULIANUS HELUKA SH FOR YAHUKIMO JILID II, tidak benar dan telah mencemarkan nama baiknya, termasuk lembaga besar KPU.

“Itu tidak benar, saya sampaikan saya tidak pernah melakukan hal sekeji itu, dan selama ini saya tidak pernah mengendarai motor apalagi pergi ke Pos 7 Sentani,’ kata Yesaya, Jumat (19/09/20).

Yesaya mengklarifikasi bahwa sejak kembali ke Jayapura usai Pendaftaran Calon Pilkada Bupati di Dekai, Yahukimo, dirinya tidak pernah jalan sendiri apalagi menggunakan motor.

“Setiap hari saya itu bersama ajudan, saya lebih banyak beraktifitas di Kota Jayapura, sejak pagi hingga malam hari untuk menyelesaikan Proses Tahapan Pilkada,” jelasnya.

Bahkan kata Yesaya setiap harinya ia selalu di temani ajudan, dan lebih banyak beraktifitas di kota Jayapura ketimbang kabupaten Jayapura.

“Setelah dari Yahukimo saya focus untuk melaksanakan tahapan Pilkada, lebih banyak di kota, dan saya selalu ditemani ajudan maupun teman atau staf KPU, ini sudah fitnah,” katanya.

Menurut Yesaya, postingan Pace Nere tersebut sangat mencemarkan nama baiknya dan lembaga besar KPU. “ Ini fitnah yang sengaja di lakukan oknum tertentu, “disitu tercantum nama saya lengkap dengan jabatan kelembagaan, itu sangat keterlaluan, saya akan membawa ini ke proses hukum,” kata Yesaya.

Lanjutnya, dengan kejadian yang dialaminya, ia berharap masyarakat lebih cerdas dan bijak dalam menerima informasi dari media sosial.

“Kita jangan langsung merespon berita-berita itu, di cari tau dulu keberannya, karena belum tentu apa yang di posting itu benar,” katanya.

Sabtu pagi, akun bernama Pace Nere membangukan status di salah satu groub pemenangan salah satu Pasangan Bakal Calon peserta Pilkada di Yahukimo.

Dalam postingan itu ditulikan : “malam ini ketua KPUD Kab. Yahukimo memperkosa dibawah umur di kost biru jalan pos 7 Sentani pukul 07:00 WIT dan pelaku tersebut melarikan dengan kendaraan sepeda motor. Dengan nama yang jelas YESAYA MAGAYANG SH. KETUA KPUD KAB. YAHUKIMO. Mohon advokasi pelaku tersebut”.

Sementara, Anggota Bawaslu Papua, Ronald Manoach mengaku telah menerima informasi tersebut dan telah melakukan konfirmasi kepada sejumlah pihak.

“Kami sudah kontak Bawaslu Yahukimo untuk melakukan penelusuran, dan masih menunggu klarifikasi dari Polres Jayapura berkaitan dengan info ini,” kata Ronald. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here