Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Marciano Norman/Foto: Humas PON

Jayapura, Topikpapua.com, – Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Marciano Norman mengunjungi arena bola voli pasir di Koya Koso, Kota Jayapura, Senin (4/10/2021).

Dalam kunjungannya tersebut, Marciano Norman mengapresiasi cabang olahraga voli pasir Papua yang mempunya atlet mudah berbakat.

“Saya lihat tadi atlet Papua yang usianya masih muda, saya yakin kedepan akan menjadi atlet andalan Indonesia,” Katanya.

Ia mengaku pada PON XX Papua banyak atlet nasional yang memperkuat daerahnya masing-masing, hal ini jadi motivasi agar muncul atlet-atlet berbakat khususnya pada Cabor Voli pasir.

“Memang banyak dari atlet nasional yang bermain disini, tetapi saya harapkan tetap muncul pemain baru yang nantinya akan menjadi pelapis tim nasional,” ujarnya.

Ditanya apa dirinya mempunyai tim jagoan di cabang olahraga voli pasir, ia mengaku tidak ada tim favorit.

“Saya rasa hanya memberikan dorongan pada semua yang ikut di cabor voli pasir ini, namun yang terbaik kita harapkan untuk muncul sebagai talenta voli Indonesia,” ucap Norman.

Seperti diketahui pada PON XX di Papua ini diikuti oleh 34 kontingen dari 34 KONI provinsi, serta 6.116 atlet tamu, dan 923 atlet tuan rumah, Papua. Rencananya, PON XX akan mempertandingkan 37 cabang olahraga yang terdiri dari 56 disiplin dan 681 nomor pertandingan.Memperebutkan 681 medali emas, 681 medali perak, dan 877 medali perunggu,” lanjutnya.

Lokasi penyelenggaraan dilakukan di empat daerah, terdiri dari satu kota dan tiga kabupaten, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupate Merauke.

Ia mengingatkan pentingnya sportivitas dalam pertandingan pada PON XX Papua 2021. Menurutnya, setiap kontingen di 34 provinsi boleh saling bersaing tapi seluruh kontingen tetap harus mengedepankan sportivitas demi melahirkan atlet-atlet masa depan Indonesia yang dapat mengharumkan nama bangsa di kancah dunia. 

“PON Papua juga digunakan sebagai ajang untuk meningkatkan silaturahmi dan menciptakan suasana kebersamaan, saling berlaga untuk menjadi yang terbaik namun tetap mengedepankan sportivitas dan persatuan bangsa,” jelasnya. (Humas PON/Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here