Kerja Cepat Dinas PU Tolikara Atasi Kerusakan Jalan di Distrik Wenam

0
Proses pengerjaan jalan di Distrik Wenam Kabupaten Tolikara/Ist

Jayapura, Topikpapua.com, – Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Tolikara bergerak cepat mengatasi longsor yang memutuskan jalan utama dari dan ke distrik Wenam di Kabupaten Tolikara.

Kepala dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Tolikara,  Ronald E. Panjaitan mengatakan longsor terjadi sejak bulan maret 2020, namun pengerjaannya baru di laksanakan pada awal bulan september 2020.

“Keterlambatan terjadi karena pandemik covid-19, kita ketahui bersama bila akibat virus corona ini semua pekerjaan dan aktifitas di pemerintahan terhambat pelaksanaannya, “Kata Ronal kepada Pers, Rabu (21/10/20).

Kata Ronal, luas bentangan longsor sepanjang 38 meter dengan kedalaman longsor 18 meter. Dimana dalam proses perbaikan jalan, Dinas PU menurunkan tim pekerja, operator alat berat serta material bahan untuk menambal bagian yang longsor dengan membuat lonjoran sepanjang 38 meter dengan kedalaman 18 meter.

Menurut Ronal aksi cepat tanggap  dalam menangani musibah seperti ini adalah bagian dari instruksi Bupati Tolikara Usman G Wanimbo untuk  segera melakukan tanggap darurat atas bencana Longsor yang sering terjadi di beberapa ruas jalan, akibat curah hujan cukup tinggi.

“ Setelah pandemi covid-19 ini mulai reda, kami langsung melakukan survey yang diikuti langsung dengan pekerjaan, sehingga saat ini jalan sudah bisa digunakan kembali,” katanya.

Pekerjaan sendiri dilakukan cepat, bahkah saat ini pekerjaan sudah langsung dilakukan seperti penimbunan sementara jalan yang longsor untuk digunakan sementara sambil menunggu pekerjaan lonjoran selesai.

“Kita harapkan timbunan jalan yang  sementara dibuat dapat bertahan untuk digunakan sementara, sambil menunggu pekerjaan lonjoran selesai, kalau tidak ada masalah di akhir  bulan oktober ini pekerjaan sudah selesai,” kata  Ronal.

Ronal Mengingatkan, musibah longsor  seperti ini hampir setiap tahun selalu terjadi di Kabupaten Tolikara, hal ini lantaran letak geografis  serta kondisi tanah di Tolikara yang sangat rapuh.

“Kalau hujan deras, kemungkinan besar ada jalan yang longsor di beberapa distrik, dan itu pasti ada tiap tahunnya, nah karna dampaknya ini mempengaruhi ekonomi warga karna jalan tidak bisa digunakan. Jadi dinas PU selalu siap bergerak cepat untuk melakukan perbaikan,” katanya. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here