Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus Maclarimboen/ist

Sentani, Topikpapua.com, – Polres Jayapura memastikan tidak akan mengizinkan para pemotor ikut dalam pawai malam takbiran jelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah di Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua pada Minggu (1/5/2022) malam.

Kapolres Jayapura, AKBP Fredrickus Maclarimboen menegaskan, larangan itu sangat beralasan yakni guna mewujudkan kamtibmas yang kondusif jelang Lebaran.

“Untuk malam takbiran ini sedang berkomunikasi dengan panitia kalau memang ada, kita batasi khusus untuk roda empat saja,” katanya, Sabtu (30/4/2022).

Fredrickus mengungkapnya, pelarangan penggunaan kendaraan roda dua tersebut untuk menjamin ketertiban saat takbiran, serta meminimalisir risiko kecelakaan di jalan raya.

“Ini sebagai upaya polisi menjamin keamanan dan keselamatan bagi para jemaah yang sedang melaksanakan rangkaian ibadah Idul Fitri di malam takbiran besok. Sehingga kami berharap seluruh rangkaian hari raya umat muslim di Kota Sentani aman dan lancar,”bebernya.

Diketahui pihak PHBI Kabupaten Jayapura sebelumnya juga sudah melakukan pertemuan dengan Polres Jayapura terkait angkaian kegiatan hari raya Idul Fitri tahun ini, di mana salah satu poin yang dibahas adalah soal pengamanan malam takbiran.

” Kita sudah bahas dengan PHBI soal kendaraan roda dua tidak diperbolehkan untuk ikut serta dalam kegiatan ibadah malam takbiran. Jadi, silakan laksanakan takbiran, tapi saran kami, roda dua tidak boleh.Karena resikonya cukup tinggi, dan mereka juga menyepakati,” papar Fredrickus. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here