Kebakaran Kantor Bappenda Kabupaten Jayapura, Polres Periksa 2 Saksi

0
Kebakaran kantor Bappenda Kabupaten Jayapura/ ist

Sentani, Topikpapua.com, –  Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Jayapura memeriksa 2 saksi terkait peristiwa kebakaran yang menghanguskan gedung kantor Badan Pengelola Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Jayapura.

Kedua saksi yang diperiksa itu adalah Kepala Bappenda Kabupaten Jayapura Theopilus H. Tegai dan Kasubbag Kepegawaian pada Bappenda Kabupaten Jayapura Viktor Jufuwai.

“Kita sudah memeriksa 2 orang saksi,yang pertama Kepala Bappenda Kabupaten Jayapura dan Kasubbag Kepegawaian yang pada saat itu melihat terjadinya awal mula titik api,” kata Kapolres Jayapura, Akbp Victor D. Mackbonkepada Pers, Senin (23/11/20).

Selain memeriksa saksi, Kapolres Victor mengaku pihaknya juga telah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP).

“Kami juga sudah olah TKP, kita dibantu Inafis Ditreskrimum Polda Papua, dan tim Labfor Polda Papua,” katanya.

Ia juga memastikan, penyelidikan penyebab kebakaran ini akan berjalan secara profesional dan transparan. Oleh sebab itu, masyarakat diminta tidak berspekulasi dan ikut mengawasi proses pengungkapan penyebab kebakaran tersebut.

“Sekarang ini kondisi di lokasi telah kita pasang police line, jadi memang sedikit terganggu kegiatan aktivitas pelayanan di gedung Bappenda maupun gedung DPMPTSP Kabupaten Jayapura. Dengan harapan, kita bisa cepat memproses dan juga cepat membuka layanan publik tersebut,” tutur mantan Kapolres Mimika ini.

Selain itu, AKBP Victor Mackbon mengatakan pihaknya sudah membangun hubungan dengan Pemkab Jayapura dalam hal ini Bupati Jayapura agar bisa dipindahkan kegiatan pelayanan publik tersebut, sehingga pelayanan kepada masyarakat tidak terganggu.

“Tentunya, berdasarkan laporan yang kita terima, maka kita juga akan membuktikan bahwa kejadian kebakaran itu apakah ada unsur-unsur dari tindak pidana atau memang murni karena keadaan tekhnis atau tidak ada unsur kesengajaan, itu yang nanti kita akan lakukan pembuktian,” ujarnya.

Dijelaskan Kapolres, dari hasil penyidikan sementara di ketahui bahwa api berasal dari salah satu ruangan yang ada di kantor Bapeda.

“Dari keterangan awal, ya memang ada orang di dalam ruangan saat kebakaran terjadi, yang bersangkutan itu masih bekerja sebelum kejadian dan melihat ada titik api di satu ruangan. Jadi keterangan-keterangan inilah yang coba kita gali menjadi petunjuk awal dan juga nanti berdasarkan hasil dari forensik ataupun teknis penyelidikan kami untuk bisa mengungkap penyebab kebakaran tersebut,” Jelas Kapolres Victor.

Hingga kini polisi masih menyidik penyebab pasti kebakaran, tidak ada korban luka atau meninggal, sementara kerugian materian hingga kini belum bisa di taksir.

“Kalau total kerugiannya belum bisa kita hitung ya, karena kita masih minta inventarisir dari pak kepala badan yang bersangkutan. Sedangkan penyebab kebakaran juga belum bisa kita pastikan, yang jelas dari fakta awal bahwa adanya titik api di salah satu ruangan. Jadi nanti kita akan jelaskan setelah ada hasil dari laboratorium forensik,” Pungkas Kapolres. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here