Kebakaran Dok IX, Polda Sebut 728 Warga Mengungsi, 158 Rumah Hangus

0
Ratusan rumah terbakar di dok IX Jayapura/NUG

Jayapura, Topikpapua.com,  – Sebanyak 728 warga korban kebakaran Dok IX,  dipastikan mengungsi setelah rumahnya hangus terbakar, Senin (19/10/20) malam sekitar pukul 18.10 WIT.

Hasil olah TKP dan pendataan Dinas Sosial menyebutkan jumlah rumah yang terbakar sebanyak 158 unit dari 340 KK. Kebakaran itu menghanguskan rumah masyarakat di 3 RT dan 2 RW dengan jumlah penduduk sebanyak 728 jiwa.

“Saat ini para korban telah mengungsi ke Aula Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua serta Aula Dinas Sosial Provinsi Papua,” kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal, Selasa (20/10/20.

baca : Kebakaran di Dok IX, Ratusan Warga Mengungsi

Sebelumnya, Senin sore terjadi kebakaran di Kampung Tengah Dok IX Kelurahan Tanjung Ria Distrik Jayapura Utara Kota Jayapura. Kebaran diduga bermula saat seorang warga melihat adanya percikan api dari kabel listrik di palfon rumah.

Saksi yang diketahui bernama Muhammad Saleh ini, keluar rumah dan melihat api mulai menyala dan api cepat membesar dan merembet ke rumah lain yang berada disekitaran TKP.

Kapolsek Jayapura Utara Iptu Handry M Bawiling yang, tiba di TKP kemudian melakukan pengamanan di sekitaran TKP dan membantu memadamkan api.

Hanya saja, api semakin membesar lantaran hembusan angin dan sebagian besar warga yang berdomisili di lokasi tersebut menjual BBM jenis minyak tanah dan bensin, sehingga api dengan cepat membakar ke rumah-rumah yang lain. (Redaksi Topik)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here