Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dan Menpora Menpora RI Zainudin Amali saat peninjauan venue/foto istimewa

Jayapura, Topikpapua.com, – Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo bersama Menpora RI Zainudin Amali, yang didampingi Kapolda Papua Irjen Polisi Mathius D. Fakhiri, Kamis (30/9/2021) meninjau secara langsung 3 venue PON XX 2021 di Papua, guna memastikan even tersebut berjalan aman, tertib dan menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

Turut hadir dalam peninjauan itu, yakni Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano beserta pejabat tinggi di jajaran Mabes Polri dan pejabat utama Polda Papua.

Kapolri dalam kesempatan itu mengatakan, peninjauan secara langsung penting dikakukan guna memastikan proses akselerasi vaksinasi di tiap gerai vaksin TNI-Polri pada masing-masing venue agar terlaksana dengan baik dan lancar.

“Baru saja kita melaksanakan pengecekan dua venue yang ada di Kota Jayapura, yang pertama venue cabor tenis lapangan dan kedua cabor sepak bola. Tentunya kami ingin mengetahui secara langsung yang pertama terkait pengamanan kedua bagaimana pelaksanaan protokol lesehatan di setiap venue,” ujar kapolri.

Dalam setiap kunjungan ke venue, lanjut kapolri, pihaknya tentu mencermati secara detail mulai dari sistem pengamanan hingga penerapan protokol kesehatan seperti jarak duduk penonton serta efektifitas penggunaan aplikasi PeduliLindungi.

“Untuk warga yang menonton pertandingan secara langsung, setelah mengakses aplikasi PeduliLindungi, mereka diberikan gelang yang memiliki barcode sebagai tanda bahwa sudah disuntik vaksin. Gelang itu harus dipakai selama berada di arena pertandingan,” tegasnya.

Para official dan penonton mulai dari pintu masuk harus dilakukan pemeriksaan terkait thermal dan juga diisiapkan disinfektan oleh panitia di setiap pintu masuk.

“Bagi penonton wajib menggunakan gelang sebagai tanda bahwa mereka sudah divaksin. Tentunya kemudian ada pos BNPB yang persiapkan masker manakala ada masyarakat yang tidak membawa masker,” beber kapolri.

Lebih gamblang melalui peninjauan langsung ini, kapolri ingin memastikan prokes berjalan dengan baik. Ia berharap kepada pihak penyelenggara untuk selalu melakukan sosialisasi kepada para penonton agar patuh menerapkan prokes.

“Imbauan kepada para penonton akan terus menerus dilakukan penyelenggara di setiap venue PON XX Papua melalui alat pengeras suara agar para penonton selalu menerapkan prokes. Harapan kami agar PON berjalan maksimal tanpa adanya lonjakan kasus virus Covid-19 setelahnya,” ucapnya.

Sementara Menpora RI optimistis kerja keras TNI, Polri dan pihak terkait untuk menyelenggarakan ivent empat tahunan sekali ini berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

“Kalau dilihat sementara ini, saya optimis pembukaan besok lancar tidak ada kendala,” kata dengan nada yakin. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here