Kapolda Ungkap Alasan KKB Memilih Distrik Hitadipa Sebagi Markas Baru

0
Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw / ist

Jayapura, Topikpapua.com, – Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw mengungkapkan bila saat ini sedikitnya ada lima kelompok KKB di Papua yang telah bergabung dengan kelompok Jelek Waker di Distrik Hitadipa, kabupaten Intan Jaya.

“ Informasi yang saya terima sudah ada 5 kelompok KKB yang saat ini berada disana, mereka ada yang dari Timika dan daerah lain, karena daerah itu kan kosong dan pemerintahannya kan tidak jalan disitu, “Kata Kapolda Kepada Pers, Selasa (22/09/20).

Dijelaskan Kapolda bila distrik Hitadipa hanya memiliki satu akses jalan, masuk dan keluar sehingga memudahkan KKB untuk melakukan aksi kekerasan disana, “Memang mereka akan menjadikan daerah itu sebagai lahan perang bagi kami TNI-Polri,”Ujarnya.

Lanjut Kapolda, Untuk itu saat ini kami TNI-Polri akan terus melapiskan kekuatan disana, utamanya untuk jalur poros disana yang perlu back up berlapis baru bisa masuk di wilayah hipadita itu, karena memang hanya ada satu jalur untuk bisa ke hipadita.

“ Saat ini kan pemerintah sedang berencana membentuk koramil di poros jalan itu, makanya ada pos persiapan koramil disana, dan merekalah yang menjadi korban, sudah 2 anggota TNI yang tewas itu, “Jelas Kapolda.

Kapolda juga menerangkan bila saat ini memang belum ada pos polisi maupun pos TNI di distrik Hipadita.

Sementara itu paska serangkaian aksi penembakan yang terjadi di Intan Jaya dalam sepekan terakhir, Kapolda mengaku akan mempertebal pengamanan di kabupaten Intan Jaya, khususnya di Sugapa dan Distrik Hipadita.

“Untuk kekuatan kita di intan jaya kita pusatkan di sugapa, dan koordinasinya dipimpin langsung oleh danrem dan wakapolda. Nanti akan koordinasi untuk menghadirkan anggota kita disana dalam rangka olah TKP dan pengamanan masyarakat sipil, “Jelas Kapolda.

Dirinya juga mengaku berencana mengunjungi TKP penembakan Pndt. Yeremia Zanambani namun hingga kini masih terkendala cuaca.

“Kemaren paska penembakan ada rencana kesana, namun terkendala cuaca dan juga maskapai penerbangan mengaku takut terbang kesana karena adanya ancaman dari pihak KKB yang akan menembak pesawat yang di tumpangi TNI-Polri, dan ini wajar saja kalau mereka takut, nanti kita akan upayakan memakai fasilitas TNI-Polri untuk kesana, “Beber Kapolda

Yang pasti, kapolda menegaskan bahwa pihaknya dan TNI siap melaksanakan tugas untuk penegakan hukum terhadap kelompok KKB yang telah meresahkan warga sipil di kabupaten Intan Jaya.

“ Yang pasti kita akan fokus untuk menambah kekuatan TNI-Polri disana untuk melaksanakan penegakan hukum terhadap KKB disana, kita akan kejar mereka, “Pungkas Kapolda. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here