Kapolda : Pelaku Penembakan Kantor PT Freeport Berjumlah 8 Orang

0
Kapolda Papua di dampingi Kapengdam Cendrawasih dan Kabinda Papua saat menggelar Olah TKP di kantor PT Freeport di kota Kuala Kencana, Mimika / ist

Mimika, Topikpapua.com, – Satu hari Pasca penyerangan terhadap kantor PT Freeport di kota Kuala Kencana Mimika Papua, Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw bersama Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen Tni Herman Asaribab dan Kabinda Papua,  Brigjen TNI Navoleon bertolak ke Lokasi Kejadian.

Bersama Pangdam dan Kabinda Papua. Kapolda memimpin langsung proses Olah Tempat Kejadian Perkara di OB1 dan OB2 kantor PT Freeport di Kuala Kencana.

Kepada Pers, Kapolda Paulus mengaku aksi penyerangan yang di lakukan oleh KKB sudah di rencanakan secara matang dan terstruktur.

“Perkiraan kami situasi ini memang sudah di gambarkan sama mereka (KKB), tadi kita dalami lewat beberpapa pemeriksaan Olah TKP yang di lakukan oleh tim dari Polres Mimika bekerjasama dengan tim dari Satgas Amole, “Ungkap Irjen Paulus, Selasa (31/03/20).

Kapolda juga menyebut bila dari hasil pemeriksaan beberapa saksi mata saat penembakan terjadi, di duga kuat pelaku penembakan berjumlah delapan orang.

“Keterangan sementara dari beberapa saksi yang melihat saat penembakan berlangsung, kami duga ada delapan orang pelaku penembakan, mereka gunakan senjata laras panjang, “Bebernya.

Dirinya juga menilai bila pelaku penembakan telah mengenal betul wilayah perkantoran PT Freeport di kuala kencana dan telah merencanakan aksi penembakan dengan matang.

“Sepetinya mereka sudah paham dengan wilayah ini, dan mereka tau arahnya saat mau melakukan upaya eksekusi nya kepada siapa-siapa, termasuk jalur untuk melarikan diri usai menembak dan itu pertanyaan bagi kami untuk nanti kami dalami, “Jelas Kapolda.

Disinggung soal apakah ada keterlibatan orang dalam pada aksi tersebut, Kapolda Paulus mengaku masih akan mendalami kemungkinan itu.

“Kalau kita lihat kan dari arah depan itu ada dua arah tembakan, satu mengarah ke lantai dua dan yang satu nya lagi mengarah ke lantai satu, polanya simetris.., nanti kita dalami, termasuk apakah ada hubungan nya dengan manajemen itu sendiri atau bagaimana, “Tukas Irjen Paulus.

“Ini akan menjadi bahan evaluasi bagi kita semua dengan manajemen PT Freport dalam rangka mengamankan wilayah ini baik karyawan, manajemen maupun masyarakat yang ada di sini, “Pungkas Kapolda.

VP Security PT Freeport, Arif Nasuha di dampingi Kapolda Papua dan pangdam Cenderawasih / ist

Sementara itu Pasca inseden penyerangan terhadap kantor PT Freeport di kota kuala kencana, VP Security PT Freeport, Arif Nasuha menegaskan bahwa pihaknya akan segera menggelar komunikasi intens dengan berbagai pihak termasuk dengan semua stakholder guna membahas penyerangan tersebut.

“Saat ini kami akan terus komunikasi dengan Satgas Amole atas surat perintah dari bapak Kapolda Papua dan di bantu juga oleh TNI disini, dan kami juga akan segera menggelar rapat koordinasi untuk mengevaluasi kelayakan dari security plant yang selama ini berjalan di kuala kencana, termasuk meninjau kembali kekuatan personil pagar kita di OB 1 pasca kejadian kemaren,”Jelas Arif.

Arif juga mengaku bila pasca penembakan, pihaknya akan meliburkan sementara semua kegiatan di lokasi penembakan, “Untuk sementara yang berkantor di kuala kencana hari ini dan besok kami liburkan, untuk kepentingan olah TKP dari Polres Mimika, “ Pungkas Arif. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here