Kapolda Papua Irjen Polisi Mathius D Fakhiri saat menyerahkan potongan tumpeng kepada Brigjen Suhendri selaku Kasatgas Ops Deraku Cartenz/foto istimewa

Jayapura, Topikpapua.com, – Mensyukuri penyelenggaraan pengamanan PON XX Papua yang telah berlangsung aman dan sukses. Polda Papua menggelar acara tasyakuran yang dipimpin langsung Kapolda Papua Irjen Polisi Mathius D. Fakhiri di Braza Sky Lounge Suni Hotel dan Convention Abepura Managed By Parkside, Kota Jayapura, Sabtu (16/10/2021).

Hadir dalam kegiatan tasyakuran yakni Ketua Bhayangkari PD Papua Ibu Eva Mathius Fakhiri, Kaops Deraku Cartenz 2021 Brigjen Polisi Suhendri, Wakapolda Papua Brigjen Polisi Eko Rudi Sudarto, Kaops Nemangkawi 2021 Polri Brigjen Polisi Ramdani Hidayat, Irwasda Polda Papua Kombes Pol Alfred Papare, serta jajaran Ops Deraku Cartenz, pejabat utama Polda Papua dan pengurus Bhayangakri Daerah setempat.

Brigjen Suhendri selaki Kaops Deraku Cartenz 2021 mengatakan, tasyakuran ini dilaksanakan sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas kesuksesan pengamanan PON XX Papua.

“Sebagai umat beragama tentunya syukuran ini sudah sewajarnya kita lakukan atas suksesnya pelaksanaan pengamanan PON XX. Setelah di berikan tugas untuk menjadi Kasatgas Deraku Cartenz 2021, kami langsung mencari informasi sebanyak mungkin untuk menunjang kinerja selama melaksanakan tugas di Papua,” ujar Brigjen Suhendri.

Ia pun bersyukur bahwa tugas pengamanan even olaharaga nasional ini sudah rampung. Dia pun mengakui selama melaksanakan tugas in tentu banyak tantangan yang cukup berat.

“Seperti yang dikatakan Kapolri dan Panglima TNI yang mana tugas berat kita yaitu mencegah penyebaran Covid-19 dan pengamanan PON XX 2021. Dan alhmdulilah dua-duanya dapat kita laksanakan walaupun ada beberapa atlet yang terkonfirmasi Covid-19, namun hampir semua OTG sehingga tidak memerlukan waktu lama untuk sembuh sehingga meraka semua bisa kembali ke daerah masing-masing,” ucapnya.

Masih menurut Brigjen Suhendri, selama menjaga kemanan pelaksanaan PON XX Papua, dimana ada beberapa ancaman dari kelompok-kelompok yang ingin membuat situasi PON tidak kondusif, sehingga personel Deraku Cartenz hatus semakin waspada dan hati-hati dalam melaksanakan pengamanan.

“Kami berterimakasih kepada Kapolda Papua dan jajarannya, karena dalam pelaksanaan tugas kita sangat terbantu karena Kapolda Papua tidak segan untuk turun langsung ke lapangan untuk melihat permasalahan-permasalahan yang sedang terjadi, sehingga masalah dapat segera terselesaikan, tentu ini hal luarbiasa yang dapat kita adobsi dari gaya kepemimpinan Kapolda Papua,” katanya bangga.

” Satu bulan lebih kita telah melaksanakan tugas di Papua dan apa bila ada perkataan maupun perbuatan yang menyakiti ataupun kurang berkenan kami memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada Kapolda Papua,” imbuh Brigjen Suhendri.

Sementara Kapolda Papua dalam sambutannya mengapresiasi kinerja Kaops Deraku Cartenz 2021 dan semua personel yang telah bekerja keras dan tidak mengenal lelah dari waktu ke waktu, sehingga ikut membantu meringankan tugas Kapolda Papua u melaksanakan pengamanan PON XX 2021m

“Tolong sampaikan salam hormat saya dan salam terimakasih saya kepada seluruh anggota dari seluruh penjuru nusantara yang sudah mau membantu kami Polda Papua. Semoga Tuhan membalas kebaikan rekan-rekan semua dari Brimob dan Polri Nusantara,” ucap kapolda.

Kendati terjadi beberapa insiden di venue, namun kapolda mengakui dengan kesigapan personel hal tersebut tidak berbuntut panjang.

“Karena malamnya langsung dievaluasi dan diperbaiki oleh Kaops Deraku Cartenz 2021 dan alhmdulilah sampai saat ini berjalan lancar. Ini adalah hasil dari kerja keras rekan-rekan semua yang terlibat pengaman PON XX 2021 Papua ini baik dari Nusantara maupun Jajaran Polda Papua,” kata kapolda seraya meminta maaf atas belum berkesempatan hadir di tengah-tengah anggota Brimob nusantara yang telah mengabdikan dirinya untuk tugas kepolisian di Papua.

Selanjutnya acara tasyakuran yang ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh kapolda dan diserahkan kepada Brigjen Suhendri, diakhiri dengan penyerahan piagam penghargaan atas prestasi dan dedikasi yang tinggi dalam melaksanakan pengamanan PON XX Papua kepada para Dansatgas BM Nusantara diwakili Dansatgas Brimob Polda Sulawesi Barat Kombes Polisi Iwan Sazali. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here