Kapolda Papua Irjen Polisi Mathius D Fakhiri/foto istimewa

Jayapura, Topikpapua.com,– Kapolda Papua Irjen Polisi Mathius D Fakhiri menjadi narasumber dalam dialog interaktif TVRI Papua, yang membahas “PON XX Papua sukses, aman dan kondusif”.

Dialog yang berlangsung kurang lebih satu jam di Studio TVRI Papua, Rabu (13/10/2021) dipandu oleh Paulus Palimbong.

Dalam dialog interaktif ini, kapolda mengklaim bahwa pelaksanaan PON XX Papua berjalan sukses dan aman karena peran serta semua masyarakat Papua.

“Kami TNI-Polri hanya membantu dalam mengelola keamanan. Dimana Saat awal-awal dan sebelum dimulainya PON XX Papua, banyak permasalahan-permasalahan namun kita berhasil mengatasinya,” ujar kapolda.

Kapolda mengaku sebagai Ketua Kontingan Papua, ia juga telah membuat program KKR dengan tema Papua Bermazmur yang dilaksanakan di semua kluster PON XX Papua.

“Ini nertujuan agar penyelenggaraan PON XX Papua bisa berjalan aman atas dukungan doa dari para hamba Tuhan,” terangnya.

Pelaksanaan PON XX yang masih dihadapkan dengan Covid-19, sehingga secara persuasif Polda Papua terus menhimbau kepada masyarakat untuk menerapakan prokes Covid-19.

“Hal itu sudah terbukti bahwa masyarakat tertib dan disipilin saat kita himbau di pertandingan sepak bola di Stadion Mandala. Dalam kehadiran penonton, kita juga mematuhi aturan pemerintah yakni 25% penonton dan prokes harus tetap terjaga, sehingga pasca PON XX Papua tidak muncul klaster baru Covid-19,” ungkap Kapolda.

PON XX Papua diketahui memiliki empat filosofi sukses, yakni sukses penyelenggaraan , sukses prestasi, sukses adminitrasi dan sukses pemberdayaan ekonmi pembangunan.

Sukses pemberdayaan ekonomi adalah adalah banyak masyarakat Papua yang menjual barang barang dan dibeli oleh para tamu.

Sukses prestasi, yakni dimana Papua diharapkan berada dalam 5 besar.

“Kalau sukses penyelenggaraan, kita memang akui bahwa kita masih jauh dari kesempurnaan namun kita bisa lihat bahwa pelaksanaan PON XX Papua sampai sekarang berjalan aman dan lancar,”pungkas kapolda. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here