Upacara Korp Raport kenaikan pangkat 80 personel Polresta Jayapura Kota/foto ist

Jayapura, Topikpapua.com, – Momen akhir tahun 2021, sebanyak 80 personel Polresta Jayapura Kota mendapatkan kado istimewa dari institusinya yakni kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi, yang digelar dalam upacara Korp Raport kenaikan pangkat itu bertempat di lapangan apel Mapolresta Jayapura Kota, Jumat (31/12/2021).

80 personel yang mendapatkan kenaikan pangkat ini terdiri dari 15 perwira dan 65 bintara dengan rincian golongan pangkat AKP ke Kompol sebanyak 3 personel, Iptu ke AKP 5 personel, Ipda ke Iptu 7 personel. Sedangkan untuk bintara rinciannya yakni Aipda ke Aiptu 18 personel, Bripka ke Aipda 22 personel, Brigpol ke Bripka 18 personel, Briptu ke Brigpol 6 personel dan satu personil dari Bripda ke Briptu.

Kapolresta Jayapura Kota Kombes Polisi Gustav R Urbinas, mengatakan 80 personel Polresta Jayapura Kota yang telah dinaikkan pangkatnya setingkat lebih tinggi dari pangkat sebelumnya terhitung mulai tanggal 01 Hanuari 2022.

“Kenaikan pangkat pada hakikatnya merupakan sebuah bentuk penghargaan dari organisasi polri kepada anggota atas prestasi dan kinerjanya dalam melaksanakan tugas pokok dengan baik,” ucap Gustav.

Ia menambahkan, kenaikan pangkat bukanlah hak yang pasti diterima oleh anggota Polri, namun merupakan komulatif dari penilaian beberapa aspek seperti dedikasi, loyalitas, disiplin, tanggung jawab serta sikap dan perilaku yang tidak tercela maupun melanggar peraturan hukum.

“Kepada para anggota yang menerima kenaikan pangkat bahwa kenaikan pangkat tersebut merupakan cermin kompetensi yang harus diemban untuk dapat meningkatkan profesionalisme, kinerja dan rasa tanggung jawab sesuai dengan pangkat yang disandang saat ini,” pesannya.

Gustav juga berharap dengan kenaikan pangkat ini dapat menjadi sumber motivasi dan inspirasi untuk memantapkan etos kerja bagi para perwira, bintara sekalian. Sebab itu, personel bersangkutan harus tunjukan bahwa mereka memang pantas memperoleh promosi kenaikan pangkat.

“Sehingga dalam sanubari para anggota sekalian, tertanam suatu pemahaman bahwa kenaikan pangkat hanya diberikan kepada anggota yang berprestasi dan setia untuk mengabdi kepada bangsa dan negara demi mewujudkan postur polri yang prediktif, responsibilitas dan transparansi berkeadilan (Presisi) sebagai pemelihara kamtibmas pelindung pengayom dan pelayanan masyarakat serta sebagai aparat penegak hukum,” jelasnya.

Lebih jelas Gustav kembali berharap agar personel yang mendapatkan kenaikan pangkat ini, bisa menjunjung tinggi amanah kenaikan pangkat serta tidak dilepas dengan mudah karena sesuatu hal tindakan yang menyebabkan karir personel terhenti.

“Saya ucapkan selamat kepada saudara-saudara yang naik pangkat disertai harapan bahwa kenaikan pangkat ini akan lebih memantapkan tekad, dedikasi, loyalitas dan prestasi dalam pelaksanaan tugas di Polresta Jayapura Kota”.

“Dan sekali lagi jangan merasa cepat puas atau bangga atas keberhasilan yang telah dicapai, karena suatu keberhasilan adalah langkah awal dari suatu kemenangan menuju tanggung jawab dan tantangan tugas yang lebih berat,” tutup Gustav. (Redaksi Topik)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here