Ketua Umum Kadin Papua Ronal Antonio/ist

Jayapura, Topikpapua.com, – Melalui BNEF Summit di Bali beberapa waktu mendatang, akan ada masukan dari para pemimpin bisnis global dan investor untuk mencapai netral karbon atau net zero emission sebagai upaya memajukan pemulihan global pasca pandemi.

Hal itu disampaikan Ketua Umum Kadin Papua Ronald Antonio usai mengikuti BloombergNEF (BNEF) Net Zero Summit yang berlangsung di New York, Selasa (19/4/2022).

Kadin Papua yang merupakan salah satu delegasi penting dalam kegiatan itu, menilai ajang BNEF Summit akan dijadikan sebagai momen perancangan strategi yang memanfaatkan teknologi untuk membangun masa depan yang lebih kompetitif.

Ronald bersama Tony Wenas Direktur PT. Freeport Indonesia yang juga Wakil Ketua Umum Investasi Kadin Indonesia yang menjadi delegasi pada pertemuan ini mengatakan, ajang ini adalah awal menjelang KTT Bisnis 20 (B20) dan G20 yang pada November mendatang, dimana BloombergNEF (BNEF) akan menjadi tuan rumah BloombergNEF Summit Bali pada 12 November 2022 mendatang.

KTT BloombergNEF Bali sangat penting untuk menerima dukungan strategis dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) dan firma penasihat Equatorise.

Kata Ronald, Kemenko Marves Luhut Panjaitan sebagai pemateri menjelaskan bahwa .omentum tersebut akan mampu memperluas koneksi dan kolaborasi dari yang semula hanya antara sektor swasta dan publik yang ada di Indonesia.

“Summit bertema net zero ini akan mempertemukan 300 pemimpin bisnis, serta investor global dan lokal untuk mengeksplorasi peluang pertumbuhan dalam transisi energi ke masa depan nol bersih dan upaya dekarbonisasi negara,” ucap Ronald.

Hal ini perlu dibahas untuk memperjuangkan transisi energi dan mekanisme pembiayaan berkelanjutan sehubungan dengan kepemimpinan G20—selain nantinya akan diadakan side event G20 dan B20.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid mengatakan, tahun istimewa ini menandai awal yang baik dari kemitraan baru antara Kadin dan Bloomberg.

Dan sebagai Ketua Umum Kadin, dirinya senang menyambut KTT BNEF di Indonesia, yang sejalan dengan prioritas nol bersih kepresidenan B20 dan G20 2022. Bahkan, kami berterima kasih atas dukungan BNEF dalam mempromosikan G20 dan B20 di Indonesia selama KTT BNEF yang sangat baik di New York, 19-20 April 2022.

“Kami telah membawa delegasi CEO yang kuat sebagai bagian dari misi tahunan KADIN ke AS dan Kanada. Kolaborasi yang kuat dengan mitra internasional dalam transisi energi dan dekarbonisasi adalah bidang kunci yang telah saya dorong ke depan”.

“Saya juga menyambut baik BNEF Academy Indonesia pertama pada tahun 2022 bekerja sama dengan KADIN Net Zero Hub, sebuah inisiatif penting untuk mendukung CEO dan eksekutif Indonesia dalam perjalanan mereka dalam mencapai model bisnis nol bersih masing-masing, yang akan menciptakan nilai-nilai perusahaan baru dan membantu mereka untuk menavigasi transisi ini,” terangnya.

Kadin dan Bloomberg juga dapat membantu komunitas bisnis Indonesia untuk mewujudkan Indonesia yang hijau, tangguh, dan siap di masa depan.

Utusan Khusus Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk Ambisi dan Solusi Iklim sekaligus Pendiri Bloomberg L.P. dan Bloomberg Philanthropies, Michael R. Bloomberg, menyampaikan bahwa Indonesia sebagai negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara dan memiliki potensi besar untuk pengembangan energi bersih, akan mampu membantu memperkuat transisi kawasan dari bahan bakar fosil.

“Dengan melakukan hal tersebut, Indonesia dapat menunjukkan bagaimana investasi yang diperlukan untuk melawan perubahan iklim, juga menciptakan lapangan kerja lokal, mendukung kewirausahaan, dan menumbuhkan ekonomi,” tutur Michael yang juga anggota Kaukus Advokasi Internasional B20.

Pengumuman BloombergNEF Summit Bali bertepatan dengan peluncuran program BNEF Academy Indonesia oleh BloombergNEF bekerja sama dengan KADIN.

BNEF Academy membawa para pemimpin bisnis Indonesia melalui program pendidikan eksekutif tingkat tinggi selama 5 minggu tentang pendorong utama, tren, dan peluang transisi energi.

Kurikulum Akademi dirancang untuk membiasakan para pemimpin berpengalaman dengan konsep net zero. (Redaksi Topik)

 

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here