Kabupaten Sarmi Masuk Daftar Lima Zona Merah Covid-19 di Papua

0
Jubir Covid-19 Papua, dr.Silwanus Sumule / dre

Jayapura, Topikpapua.com, – Kabupeten Sarmi masuk dalam daftar Lima Daerah di Papua yang telah memiliki Pasien Positif Covid-19.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Papua, dr. Silwanus Sumule dalam keterangan persnya, Kamis (09/04/20) malam mengatakan saat ini sudah Empat Kabupaten dan satu kota di Papua yang masuk dalam zona merah.

“ Daerah Zona merah ini adalah daerah yang di temukan kasus pasien positif Covid-19, dan kabupaten Sarmi di temukan satu kasus Positif, sehingga saat ini sudah ada lima daerah di Papua yang masuk zona Merah, Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Merauke, Mimika dan Sarmi, “Ungkap Sumule.

Menurut Sumule, satu pasien tersebut saat ini di rujuk ke rumah sakit di Kota Jayapura, “karena fasilitas rumah sakit di sarmi tidak memungkinkan maka pasien kita rujuk dan saat ini di rawat di kota jayapura,”Katanya.

Dengan data ini Tim Satgas Covid Papua juga hendak mengklarifikasi data per tanggal 7 April 2020 (kemaren) yang menyebutkan ada 21 pasien positif di Kota Jayapura.

“Kemaren kita sebutkan untuk kota jayapura ada 18 kasus komulatif, yang benar adalah 18 kasus, mengapa jadi 21, karena kemaren kita hitung 2 pasien rujukan yang dari kabupaten jayapura dan 1 pasien dari Sarmi, sehingga jumlahnya 21, “Jelas Sumule.

Berikut jumlah Komulatif Pasien Positif di Papua dari Lima Zona Merah per Tanggal 9 April 2020 :

  1. Kota Jayapura, 20 Kasus Positif (tambah 2 kasus), 16 Pasien dalam perawatan, 3 pasien sembuh dan 2 pasien Meninggal Dunia
  2. Kabupaten Jayapura, 9 kasus positif, 7 pasien dalam perawatan, 2 pasien di rujuk ke kota Jayapura.
  3. Kabupaten Mimika, 13 kasus positif, 10 pasien dalam perawatan dan 3 pasien Meninggal dunia
  4. Kabupaten Merauke, 5 kasus Positif (1 kasus baru), 3 pasien dalam perawatan dan 2 pasien sembuh.
  5. Kabupaten Sarmi, 1 pasien positif dan saat ini di rawat di Kota Jayapura.

“Dengan demikian jumlah komulatif pasien positif Covid-19 di Papua hingga hari ini menjadi 48 kasus, dengan catatan 3 kasus baru yaitu 1 dari merauke dan 2 dari kota jayapura, 5 kasus sembuh dan 5 kasus Meninggal Dunia”Terang Sumule.

Sementara itu untuk jumlah Orang Dalam Pemantauan mengalami penambahan 3 kasus. Bila kemaren berjumlah 3084, hari ini berjumlah 3087. Untuk jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) juga mengalami kenaikan dari 54 kasus menjadi 60 kasus atau bertambah 6 kasus. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here