Kabar Baik, PDP dan ODP Covid-19 di Papua Berkurang

2
Jubir Satgas Penanggulangan Covid-19 Papua, dr.Silwanus Sumule / dre

Jayapura, Topikpapua.com, – Satgas Penanggulangan Covid-19 di Papua terus berjuang untuk melawan penyebaran Virus Corona, Hingga Rabu, 1 April 2020 pukul 19.00 Wit di laporkan baik Jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) maupun Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Papua Mulai Berkurang.

“ Puji Tuhan ya.., kita ada kabar baik, hari ini ada beberapa PDP yang dinyatakan sembuh dan boleh Pulang, sehingga jumlah PDP kita berkurang dari 44 menjadi 37 orang, “ Ungkap Jubir Satgas Penanggulangan Covid-19 Papua, dr.Silwanus Sumule kepada Redaksi Topik, Rabu (01/04/20) malam.

Sumule menjelaskan bila tujuh PDP yang sembuh, dua diantaranya adalah Pasien Covid-19 positif dari Kabupaten Merauke.

“ Jadi dari tujuh PDP yang sembuh itu dua diantaranya yang dari Merauke, pasien 01 dan pasien 02, setelah jalani dua kali test mereka dinyatakan negatif dan kabarnya hari ini sudah boleh pulang, “ Jelas Sumule.

Selain PDP yang berkurang, Data ODP di Papua juga mengalami penurunan. Bila data per 31 maret 2020, jumlah ODP di Papua sebanyak 7507 hari ini berkurang menjadi 7152 orang.

“ Bukan hanya PDP yang berkurang, hari ini data kita juga menunjukkan bila ODP juga berkurang sebanyak 355 orang, “Terang Sumule.

Menurut Sumule berkurangnya data ODP disebabkan karena hasil tracking tim surveilence terhadap ODP di seluruh kabupaten/kota menunjukkan ada ODP yang telah melewati masa karantina mandiri 14 dan tetap sehat tanpa adanya keluhan, sejak mereka di tetapkan sebagai ODP.

“ kan mereka yang ODP itu ada yang sudah berstatus ODP sejak dua minggu lalu, dan sampai hari ini mereka tidak ada keluhan sakit, sehingga status ODP mereka sudah kita cabut, makanya data berkurang, “Beber Sumule.

Walau demikian Sumule tetap berharap agar masyarakat Papua tetap menerapkan pembatasan sosial, dengan tetap tinggal di dalam rumah, jaga jarak bila  terpaksa harus keluar rumah dan selalu mencuci tangan serta hindari kotak fisik.

“ Jangan karena melihat data PDP dan ODP di Papua menurun lantas kita lengah.., tetap waspada dan ikuti protokol yang sudah di sampaikan pemerintah, ingat ancaman Covid-19 hingga kini masih ada jadi kami harap kita semua harus tetap waspada, “Pungkas Dokter Sumule. (Redaksi Topik)

2 KOMENTAR

  1. Terimakash buat Satgas pejuang kemanusian, Tuhan melindungi dan memberkati keluarga anda semua..amin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here