Infografis perkembangan kasus Covid-19 di papua tanggal 08 Juli 2020 / SC-19P

Jayapura, Topikpapua.com, – Jumlah angka kesembuhan dari covid-19 di papua terus meningkat. Hari ini di laporkan jumlah pasien yang dinyatakan sembuh dari covid-19 di Papua sudah mencapai 1.043 orang atau 51 persen dari total komulatif pasien yang positif.

Jubir Satgas Covid-19 Papua, dr.Silwanus Sumule mengatakan meningkatnya jumlah pasien sembuh, setelah hari ini di laporkan ada 57 pasien yang berasal dari 4 Daerah di Papua di nyatakan sembuh.

“Puji Tuhan hari ini kita ada kabar baik, dimana ada 57 pasien kita yang telah dinyatakan sembuh, mereka berasal dari, kota Jayapura sebanyak 41 orang, Kabupaten Biak sebanyak 11 orang, kabupaten Jayapura 4 orang dan 1 orang dari kabupaten Mimika, “Kata Sumule kepada Pers, Rabu (08/07/20) malam.

Diakui Sumule, Dengan adanya penambahan 57 pasien yang dinyatakan sembuh maka presentase kesembuhan yang sebelumnya 49 persen kini menjadi 51 persen, atau lebih banyak dari presentasi pasien di rawat.

“Sebelumnya kan presentase kesembuhan kita 49 persen, dengan adanya tambahan 57 pasien sembuh ini maka saat ini presentase kesembuhan kita menjadi 51 persen atau lebih banyak dari persentase pasien yang di rawat (49 persen), “Jelas Sumule.

Atas prestasi tingkat kesembuhan yang tinggi ini, Satgas Covid-19 Papua memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh tenaga medis yang telah berjuang keras, sehingga angka kesembuhan di Papua lebih tinggi dari angka pasien yang di rawat.

“Kepada seluruh gugus tugas di daerah pertahankan kinerja, jalin koordinasi dan komunikasi antar semua elemen, baik pemerintah, adat, agama maupun masyarakat harus bergandengan tangan untuk kalahkan virus ini. Kita pasti bisa kalau kita bersama, “Tukas Sumule.

Hingga malam ini jumlah komulatif pasien positif covid-19 di Papua sebanyak 2.027 kasus. Dari jumlah tersebut 962 diantaranya saat ini masih dalam perawatan (49 persen) 1.043 pasien dinyatakan sembuh (51 persen) dan 22 pasien meninggal dunia (1 persen).

Penambahan 15 kasus Positif Baru

Satgas covid-19 Papua juga melaporkan bila hari ini ada penambahan 15 kasus positif baru yang berasal dari kota Jayapura sebanyak 10 orang, Mimika 3 orang, Biak 1 orang dan Merauke 1 orang.

“Kita juga ada penambahan ODP dan PDP di Papua hari ini, sehingga total ODP kita hari ini sebanyak 2700 orang sedangkan PDP sebanyak 238 orang. Kita juga sampai hari ini telah melakukan tes sebanyak 16.829 terhadap sampel swab dengan metode PCR dan TCM, “Jelas Sumule.

Perhatian khusus di berikan kepada kabupaten/kota yang jumlah ODP dan PDP nya hingga saat ini masih tinggi.

“Bagi daerah yang masih ada penambahan ODP maupun PDP agar terus waspada dan segera lakukan 3T, Trace, Test dan Treadmen (cari, tes dan obati), “Pintah Sumule.

Sumule juga menyampaikan rasa simpati dan dukungan yang mendalam kepada 84 tenaga medis di RSUD Jayapura yang terkonfirmasi positif covid-19.

“ Buat teman-teman tetap semangat, ikuti anjuran dokter, tetap minum obat dan percayalah kalian tidak sendiri, kami akan selalu bersama kalian, namun yang paling penting adalah percayakan semuanya kepada Tuhan yang mempunyai hidup ini, Tuhan Yesus memberkati kalian, “Ujar Sumule.

Tetap di rumah, bila terpaksa harus keluar rumah selalu gunakan masker, jaga jarak, hindari kontak fisik dengan orang di luar rumah, tetap menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Makan dan minum yang bergizi, sempatkan berolah raga dan ingat untuk selelu mencuci tangan.

Sa Jaga Ko.., Ko Jaga Sa.., Kitong Semua Selamat.. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here