Jumlah ODP Covid-19 di Papua Berkurang, PDP dan Positif Bertambah

0
Jubir Penanggulangan Covid-19 Papua, dr.Silwanus Sumule / dre

Jayapura, Topikpapua.com, – Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Papua terus berkurang, namun jumlah PDP dan pasien positif di laporkan bertambah.

Berdasarkan data yang di rilis oleh Satgas Penanganan Covid-19 Papua, Jumat 3 April 2020, pukul 19.00 wit, di laporkan jumlah ODP berkurang sebanyak 317 orang, sedangkan PDP bertambah 3 orang, sementara pasien positif bertambah 3 orang.

“Hingga pukul 19.00 wit hari ini dapat kami laporkan penurunan jumlah ODP di Papua, dimana pada kemaren jumlahnya adalah 7040 sedangkan hari ini jumlahnya 6723 orang, ini berarti ada pengurangan sebanyak 317 orang, “Ungkap Jubir Satgas Covid-19 Papua, dr.Silwanus Sumule, Jumat (03/04/20) malam.

Sumule juga melaporkan, ada penambahan jumlah PDP di papua yaitu sebanyak 12 orang, namun ada juga 9 PDP yang pulang.

” Saat ini jumlah PDP kita 45 orang, kemaren 42 ya…, yang 45 ini berasal dari tambahan 12 orang PDP baru dan 9 PDP sembuh yang pulang, Penambahan terjadi di kabupaten merauke 1 orang, boven digul 3 orang, sarmi 2 orang, jayapura 2 orang dan Kabupaten Mimika 4 orang, “Jelas Sumule.

Sementara 9 orang PDP sembuh dan pulang diantaranya dari Kabupaten Jayawijaya 1 orang, Kabupaten Jayapura 6 orang, “Mereka yang pulang tetap kami edukasi dan tetap karantina selama 14 hari, ” Kata Sumule.

Sementara itu untuk kasus positif menurut Sumule ada penambahan 3 kasus yang baru di laporkan ke satgas Provinsi, sehingga total kasus positif saat ini di Papua sebanyak 16 kasus.

“Dari 16 kasus positif di Papua ada tiga pasien positif yang telah sembuh, jadi saat ini hanya 13 pasien positif yang kita rawat, ” Katanya.

Sumule memaparkan, 3 kasus positif berasal dari kota Jayapura, “Penambahan hari ini 3 yang positif berada di kota jayapura, kondisi pasien dalam keadaan sakit sedang hingga sakit keras, salah satunya sudah menggunakan alat bantu nafas, untuk itu kami mohon doa dari semua warga Papua terhadap pasien yang sedang di tangani,”Tukas Sumule.

Jumlah 16 kasus positif ini tersebar di beberapa kabupaten/kota, yaitu Kota Jayapura 9 kasus (satu sembuh), Merauke 2 kasus (2 sembuh), Mimika 3 Kasus dan Kabupaten Jayapura 2 kasus.

Dengan adanya penambahan kasus positif di Papua, dokter Sumule berharap masyarakat Papua agar tetap mematuhi himbauan dari pemerintah, karena menurutnya masyarakatlah yang memiliki peran penting dalam memerangi dan memutuskan rantai penyebaran Covid-19.

“Garda terdepan dari pneyelesaian covid-19 di Papua adalah masyarakat, tetap patuhi aturan dan protokol yang sudah di sampaikan pemerintah, kami petugas kesehatan adalah benteng terakhir. kalau pertahanan depan ambruk, maka benteng terakhir pasti akan ambruk juga, “Pungkas Sumule. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here