Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil/foto Topik Papua

Jayapura, Topikpapua.com – Jawa Barat sukses merebut kembali juara umum PON setelah menjadi juara di tanah Papua.

Keberhasilan kontingen Jabar di PON XX Papua ternyata juga memecahkan rekor-rekor PON dan Asia dari beberapa cabang olahraga (cabor). Mulai dari cabor atletik, angkat berat hingga polo air.

Dalam gelaran PON XX Papua ini, Kontingen Jabar mengumpulkan total 353 medali, terdiri atas 133 medali emas, 105 perak dan 112 perunggu.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun mengklaim, keberhasilan mempertahankan gelar juara umum di PON XX Papua adalah bukti bahwa Jawa Barat bukan kontingen jago kandang.

“PON Papua ini bukti kalau Jabar bukan jago kandang. Kami pernah pada 2016 ada tagar bahwa Jabar jago kandang. Tapi hari ini kita buktikan menang di Papua,” kata Ridwan di Jayapura, Papua, Jumat (15/10/2021)

Mantan Wali Kota Bandung ini juga mengaku memantau pertandingan cabor setiap harinya. Bahkan, Ridwan Kamil juga mengapresiasi kepatuhan seluruh atlet dan ofisial terhadap konsep yang sejak awal diusung untuk mempertahankan gelar juara PON.

” Kesuksesan ini mengulang penantian ketika berhasil mempertahankan posisi juara umum. Kami optimis PON XXI di Sumatera Utara dan Aceh, Jabar akan mengulangi prestasi yang sama,” tandas Ridwan. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here