JPU Segera Limpahkan Kasus Eks Kadis Pendidikan Biak

0
Kepala Kejaksaan Negeri Biak Numfor Erwin PH Saragih SH. MH /Ist

Jayapura, Topikpapua.com, –  Kasus dugaan korupsi dana insentiv guru kontrak Dinas Pendidikan Kabupaten Biak Numfor tahun 2015,  dalam waktu dekat akan dilimpahkan ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jayapura.

Hal itu menyusul telah dikeluarkannya, total kerugian negara atas kasus tersebut, oleh Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Kepala Kejaksaan Negeri Biak Numfor Erwin Saragih, S.H.,M.H mengatakan perhitungan hasil kerugian negara secara total sebesar Rp224.705.636. Dimana angka tersebut dihitung per Tahun 2016 dari total anggaran sebesar Rp7.547.400.000 pada tahun 2015.

“Diperhitungan BPKP dikeluarkan dua pilihan penghitungan kerugian negara. nanti penyidik yang memilih mau pakai perhitungan kerugian tahun 2015 senilai Rp. 7.574.400.000, (total lost), atau perhitungan kerugian tahun 2016 senilai Rp. 224.705.636. Nanti akan di muat di surat dakwaan JPU di sidang pengadilan Tipikor Jayapura,” tegasnya.

Untuk selanjutnya, kata Erwin, Kejaksaan akan menyerahkan berkas perkara dan tersangka ke pengadilan Tipikor, setelah menerima hasil pemeriksaan kesehatan tersangka LY, lantaran yang bersangkutan pernah dinyatakan terpapar Covid-19.

Untuk di ketahui, penyidikan kasus dugaan korupsi dana Insentive Guru pada Dinas Pendidikan kabupaten Biak Numfor, terkuak sejak awal Agustus 2020 lalu. Penyidikan kasus tersebut tergolong cepat, lantaran pada pertengahan Agustus telah Kejaksaan menetapkan 1 orang tersangka yakni LY, Mantan Kadis Pendidikan Biak Numfor. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here