Presiden Jokowi bersama Gubernur Papua Lukas Enembe saat opening ceremony PON XX Papua di Stadion Utama Lukas Enembe/foto istimewa

Jayapura, Topikpapua.com, – Presiden Joko Widodo mengklaim bahwa Stadion Utama Lukas Enembe Papua, merupakan stadion termegah di Asia Pasific. Hal ini diungkapkan Jokowi saat membuka secara resmi “opening ceremony” Pekan Olahraga Nasional (PON XX) Papua, yang berlangsung di stadion tersebut, Sabtu (2/10/2021) malam.

“Rasa saya dan rasa saudara-saudara pasti sama, kita bangga berada di Tanah Papua, kita bangga berada di stadion terbaik di Asia Pasifik ini. Perhelatan PON XX Papua yang pertama kali diselenggarakan di Tanah Papua merupakan bentuk kemajuan Papua, menunjukkan kesiapan inspratuktur di Tanah Papua dan kesiapan masyarakat Papua dalam menyelenggarakan acara besar untuk berpartisipasi di kanca nasional dan internasional,” ungkapnya.

Dikatakan Jokowi, PON memiliki makna besar bagi seluruh masyarakat Indonesia dan PON juga menjadi panggung terbesar kedua, panggung kebersamaan, panggung persaudaraan dan panggung keadilan untuk maju mersama masyarakat.

” Stadion yang sangat mengah ini bukan satu-satunya simbol kemajuan Papua, bahkan bandara dan pelabuhan, jalan lintas Papua merupakan capaian-capaian lain dari kemajuan Papua. Selain diharapkan meningkatkan kualitas dan kuantitas lembaga formal dimana tadi pagi saya juga meresmikan dimulainnya pembangunan Papua Newtitas yang bisa membawa nilai tambah untuk kemajuan Papua,” tegas Jokowi.

Orang nomor satu di Indonesia ini pun berharap prestasi atlet Papua harus terus dipupuk dan dianugrahkan. Jejak-jejak sederet prestasi atlet Papua seperti Lisa Rumbewas di cabang olahraga angkat besi, Santi Anelis dibidang atletik, Frans dan boas Salosa di cabor sepak bola, menurut Jokowi, harus diikuti pemuda-pemuda Papua.

“Saya yakin jelas bahwa di Papua memiliki banyak potensi dan seni budaya yang sangat dibanggakan yang kita sudah lihat diawal pembukaan tadi. Marilah kita rayakan PON XX Papua tahun 2021 dengan penuh suka cita dan junjung tinggi sportifitas, mempererat tali persaudaraan, kebersamaan serta persatuan dan kesatuan bangsa. Yakinlah kemajuan Papua akan berjalan cepat, mari kita tunjukkan partisipasi kita untuk menjamin keberhasilan PON,” tandasnya.

Sementara Gubernur Papua Lukas Enembe mengatakan, pekan olahraga ini menggambarkan kemajuan Papua menuju infrastruktur yang baik di Tanah Papua dan masyarakat Papua dalam menyelenggarakan acara besar untuk berprestasi di kancah nasional dan Internasional.

” Marilah kita rayakan PON XX di Tanah Papua dengan penuh sukacita, menjunjung tinggi sportivitas, mempererat tali persaudaraan, kebersamaan dan kesetaraan serta persatuan dan kesatuan bangsa untuk mewujudkan kemajuan Papua,” ucapnya.

Hadir dalam kegiatan Menteri Investasi Indonesia/ Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia, Menteri PUPR Mochamad Basoeki Hadimoeljono, Menteri Pertahanan Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto Djojohadikusumo, Ketua DPR RI Puan Maharani Nakshatra Kusyala Devi, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono dan Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here