Presiden Jokowi meresmikan PLBN Sota yang ditandai dengan penabuhan tifa/foto istimewa

Jayapura, Redaksi Topik.com, – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota di Merauke, Papua, Minggu (3/10/2021).

Diketahui bahwa PLBN Sota merupakan yang kedua dibangun setelah PLBN Skouw di Jayapura, dimana keduanya berbatasan langsung dengan Papua Nugini.
Jokowi dalam peresmian ini mengatakan, kehadiran PLBN Sota akan meningkatkan keamanan di perbatasan negara. Selain itu, PLBN Sota juga diharapkan dapat berdampak pada masyarakat secara ekonomi.

” Semoga kehadiran PLBN ini dapat mendorong pertumbuhan sentra-sentra perkonomian baru dan membuat masyarakat perbatasan semakin cinta dan bangga terhadap negara kita Indonesia,” ujar Jokowi.

Lebih jelas kata Jokowi, PLBN juga tentu diharapkan dapat meningkatkan pelayanan masyarakat. Pasalnya, PLBN Sota terbangun dengan sistem terintegrasi dan memiliki fasilitas lengkap.

“Saya berharap PLBN Sota memberi pelayanan yang lebih baik dan nyaman pada masyarakat Indonesia yang melintas perbatasan Indonesia menuju Papua Nugini,” harapnya.

Jokowi menegaskan, pembangunan PLBN menjadi salah satu fokus pemerintah sejak periode pertama pemerintahannya. Dimana, lanjut dia, sejak tujuh tahun terakhir pemerintah pusat telah membangun 8 PLBN di seluruh wilayah Indonesia.

” Tentu PLBN menjadi perwakilan wajah Indonesia. Sehingga menjadi cerminan komitmen pemerintah membangun Indonesia dari perbatasan,” pungkas Jokowi.

Sementara Mendagri Tito Karnavian mengatakan, perbatasan wilayah negara merupakan pusat perekonomian baru untuk seluruh unsur masyarakat, baik masyarakat Indonesia maupun dari masyarakat negara tetangga dalam hal ini warga negara PNG

” Bahan yang sering dibeli oleh warga negara PNG adalah seperti kebutuhan sehari-hari, alat elektronik, bahan makanan maupun keperluan lainya. Dan dapat kami laporkan juga bahwa sesuai dari catatan kami, sebanyal 15rb ton beras telah di ekspor ke daru melalui jalur Torasi, hal ini tentu menjadi hal positif bagi warga negara Indonesia, terutama dalam bidang perekonomian,” kata Tito.

Kini PLBN Sota RI-PNG sudah dioperasionalkan yang dikoordinasi oleh PNBP, dan lalu lintas pelintas batasnya telah dilakukan pemeriksaan secara ketat

Peresmian PLBN Sota RI-PNG secara resmi ditandai dengan pemukulan Tifa dan dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti. Selanjutnya presiden RI beserta rombongan meninjau infrastruktur di sekitar kawasan PLBN Sota RI-PNG. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here