Jelang Peresmian, Warga Palang Pintu Gerbang Venue Tennis

0
Pemalangan pintu gerbang venue Tennis oleh masyarakat Port Numbay/Ist

Jayapura, Topikpapua.com, – Masyarakat Port Numbay melakukan aksi pemalangan terhadap akses ke jalan masuk venue tenis di kompleks Kantor Wali Kota Jayapura. Aksi pemalangan ini sebagai protes atas penggunaan nama Wonda Lambu yang akan digunakan sebagai nama venue tenis.

Kepala Suku Hamadi, Mahbi Hamadi yang memimpin langsung aksi protes ini mengatakan, masyarakat Port Numbay meminta untuk Gubernur Papua, Lukas Enembe, untuk menggunakan nama Sion Soor dibanding nama Wonda Lambu.

“Ini adalah tanah leluhur nenek moyang kami. Jadi kami tidak terima jika venue dinamakan selain dari masyarakat tanah adat,” ujarnya, Kamis (22/10/20)

Selaku anak adat dan kepala suku, Mahbi juga menegaskan bahwa penolakan ini adalah murni dari kepedulian masyarakat adat Port Numbay yang selalu berpegang teguh pada sikap adat.

Aksi pemalangan dan penolakan ini dikatakan Mahbi, tetap akan berlanjut bahkan sampai pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021 mendatang.

“Kami dengan tegas tetap akan meminta penggunaan nama Sion Soor, sesuai yang telah dikehendaki leluhur nenek moyang kita,” katanya. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here