Jelang Pemilu 2019, Dewan Pers Minta Masyarakat Bantu Kinerja Jurnalis di Papua

oleh -51 Dilihat
Puluhan Jurnalis di Kota jayapura bersama angota Dewan Pers usai mengikuti Workshop Pemilu 2019 yang di gelar di hotel Horizone Jayapura, Rabu (27/02/19) / Istimewa

Jayapura, Topikpapua.com, – Ketua bidang hukum dan perundang undangan Dewan Pers Indonesia, Jimmy Silalahi, mengharapkan masyarakat di Papua dapat membantu jurnalis dalam melaksanakan tugas nya sebagai control sosial dalam memberitakan Pemilu 2019.

“ Kami berharap kepada masyarakat, tolong juga membantu kerja jurnalis, agar para jurnalis bisa juga mengabdi kepada masyarakat dengan maksimal. Tolong di bantu jurnalis ini dengan memberikan kepercayaan kepada mereka dalam rangka memproduksi atau menghasilkan berita yang berkualitas, “ Ungkap Jimmy usai mengelar Workshop Peliputan Pemilihan Legislative dan Pemilihan Presiden tahun  2019 yang di gelar di hotel Horizone Jayapura, Rabu (27/02/19).

Menurut Jimmy, bila ternyata ada pemberitaan dari para jurnalis terkait pemilu 2019 ini yang dirasa merugikan pihak-pihak tertentu agar bisa di tempuh dengan cara-cara yang elegan sesuai dengan Undang-undang yang berlaku.

“ Kami dari dewan pers menghimbau apabila ada yang kurang berkenan dari pemberitaan pers tolong laksanakanlah mekanisme sesuai dengan undang-undang pers, yakni minta hak jawab kepada media yang bersangkutan bila memang terbukti ada yang salah atau adukan ke dewan pers, “Jelas Jimmy.

“ Tolong jangan lakukan tindakan kekerasan kepada jurnalis apabila anda menemui sesuatu yang kurang atau yang tidak berkenan dari produk jurnalis tersebut, karena sesungguhnya tindakan kekerasan kepada jurnalis apalagi menjelang pemilu itu justru menjadi cermin sesuatu yang sangat-sangat merugikan bangsa kita sendiri secara pencitraan, “tambah nya.

Jimmy mengaku, Pemilu yang berkualitas akan menghasilkan hasil yang berkualitas sesuai dengan harapan rakyat, dan harapan itu bisa tercapai bila semua terindikasikan dari kualitas pemberitaan pers di Papua.

“  Kami juga menghimbau kepada teman-teman jurnalis dan kepada seluruh media di papua, agar tetap berdiri diatas kode etik jurnalistik dan kepentingan masyarakat khususnya di wilayah Papua, agar masyarakat papua dapat di cerdaskan dari berita yang di hasilkan, “ Beber Jimmy.

Diakhir acara workshop, puluhan jurnalis bersama anggota dewan pers yang hadir bersama-sama mendeklarasikan komitmen siap menjaga dan mengawal pemilu 2019 di Papua berjalan dengan damai dan berkualitas.

“ Kami percaya pemilu di Papua akan berjalan damai sejalan dengan kualitas pres yang professional” Pungkas Jimmy. (Redaksi Topik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.