Januari – Juni 2022 KKB Tembak Mati 20 Orang di Papua

oleh -72 Dilihat
Kapolda Papua Irjen Polisi Mathius D Fakhiri/ist

Jayapura, Topikpapua.com – Tahun 2022 Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua makin beringas, data dari Polda Papua sejak Januari – Juni dilaporkan sebanyak 44 kasus gangguan keamanan yang dilakukan KKB di Papua.

Dari 44 kasus Tersebut 20 orang dilaporkan tewas, sementara dari pihak KKB 4 orang tewas.

Hal tersebut diungkapkan Kapolda Papua, Irjen Mathius D Fakhiri saat pemaparan kinerja Kepolisian Daerah Papua semestet I tahun 2022 di Mapolda Papua, Kamis (30/6/2022)

“Selama semester I tahun 2022 ini gangguan KKB mengalami peningkatan sebanyak 10 kasus dibanding periode yang sama ditahun 2021,” ungkap Irjen Fakhiri.

Dijelaskan Kapolda, dari 44 kasus gangguan KKB terdiri dari aksi penembakan, kontak tembak, penganiayaan, pembakaran dan perampasan senjata api.

“Banyak nyawa yang melayang akibat aksi mereka (KKB), Laporan yang saya terima ada 12 warga sipil, 7 anggota TNI dan 1 anggota Polri yang meninggal akibat ulah KKB,” ungkap Fakhiri.

Dijelaakan Kapolda, dari 44 kasus gangguan keamanan yang disebabkan Kelompok Kriminal Bersenjata, terbanyak terjadi di Kabupaten Puncak yakni 20 kasus, Pegunungan Bintang dan Nduga masing-masing lima kasus.

Kabupaten Yahukimo dan Intan Jaya masing-masing tiga kasus, sedangkan Kabupaten Puncak Jaya, Mimika, Paniai, Nabire, Jayawijaya dan Deiyai masing-masing satu kasus.

“Khusus untuk warga sipil kami sudah berulang kali ingatkan agar tidak menjangkau wilayah-wilayah yang rawan, tapi mereka masih saja kesana dengan alasan mencari nafka,” jelas Kapolda menjawab pertanyaan banyaknya korban sipil alibat ulah KKB.

Kepada Aparat TNI-Polri Irjen Fakhiri memgingatkan agar selalu waspada dan menjalankan SOP khususnya di daerah rawan.

“Harus Selalu waspada dan jangan lengah, perhatikan SOP saat berada di daerah konflik, memang itu resiko sebagai aparat, tapi bisa kita cegah bila selalu waspada,” tutup Irjen Fakhiri. (Redaksi Topik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.