Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D Fakhiri (tengah) di dampingi Wakapolda Papua, Brigjen Pol Eko Rudi Sudarto (kanan) dan Irwasda Polda Papua, KBP Alfred Papare (kiri)/ ist

Jayapura, Topikpapua.com, –  Setelah resmi menjabat Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D Fakhiri langsung tancap gas untuk melaksanakan tugasnya sebagai orang nomor satu di kepolisian daerah Papua.

Bertempat di Aula Rastra Samara, Mapolda Papua, Kamis 11 Maret 2021, Irjen Fakhiri menggelar pertemuan dengan Pejabat Utama Polda Papua dan seluruh Kapolres jajaran guna memberikan arahan dan poin-poin kebijakan prioritas Polda Papua.

Berikut 11 ‘Comannder Wish’ dengan point-point kebijakan Prioritas Polda Papua di bawah kepemimpinan Irjen Fakhiri, yakni:

  1. Melaksanakan transformasi Polri melalui 16 program prioritas Kapolri di Polda Papua dengan bersungguh-sungguh dan implementasikan;

2. Penegakan hukum yang mengedepankan restorative justice;

3. Melayani dengan hati dengan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan kulur Papua.

4. Turun langsung ke lapangan dalam menyelesaikan masalah (On The Spot);

5. Penguatan organisasi dengan membangun Kesatuan terdepan yang menjamin rentang kendali   pelayanan lebih efektif (Polsub/Polsek Pedalaman dan Pulau Terluar);

6. Utamakan pemenuhan anggaran yang semestinya diterima ujung tombak pelayanan publik;

7. Menghadapi kelompok kriminal bersenjata (KKB) dan Kelompok Separatis Politik (KSP) dengan pendekatan kemanusiaan;

8. Antisipasi berita hoax dan ujaran kebencian dengan transparasi publik dan publikasi yang efektif;

9. Merubah mindset masyarakat terhadap Polda Papua dengan menampilkan sosok Polisi yang melayani di tengah masyarakat;

10. Menampilkan kesiapan Polda Papua dalam pengamanan PON XX Tahun 2021 di Provinsi Papua;

11. Rekrutmen Ba Polri khususnya Polda Papua berorientasi pada pencapaian local Boy For The Local Job melalui kebijakan affirmative.

Selain 11 kebijakan strategis tersebut, Irjen Fakhiri juga menyebut program Binmas Noken sebagai sarana polisi untuk membangun komunikasi dengan masyarakat.

“ Karena dengan Binmas Noken kita bisa mempunyai kapasitas untuk mendukung, memberi dan mengajari masyarakat, “Ungkap Irjen Fakhiri.

Kapolda juga berharap kepada para Kapolres untuk bisa membunyikan Binmas Noken lewat program Polisi Pi Ajar dengan melibatkan kolaboratif action sebanyak sebulan sekali.

“ Program Polisi Pi Ajar agar terus di lakukan di polres jajaran, agar kita bisa terlibat untuk mencerdaskan anak bangsa di bumi cenderawasih ini, namun yang terpenting adalah kita bisa melaksanakan program prioritas Kapolri dengan baik, “Pungkas Kapolda. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here