Kapolda Papua, Irjen Polisi Mathius D Fakhiri saat jumpa pers soal film Si Tikam Polisi Noken/foto ist

Jayapura, Topikpapua.com, – Kapolda Papua, Irjen Polisi Mathius D Fakhiri bersama Wakapolda, Brigjen Polisi Eko Rudi Sudarto dan para pejabat utama (PJU) serta tokoh-tokoh Papua menghadiri gala premiere film Si Tikam Polisi Noken yang diproduksi Polda Papua.

Kapolda dalam kesempatan itu mengaku bersyukur atas lancarnya pemutaran gala premiere film Si Tikam Polisi Noken selama dua hari.

“Saya akan jadikan ini sebagai bahan untuk saya putuskan, apakah film ini layak ditonton semua orang atau tidak,” kata kapolda di Studio XXI Mall Jayapura, Rabu (9/2/2022).

Ia berharap kedepannya film ini tidak menuai protes dan mendapat dukungan dari semua pihak sebagai film kebanggaan masyarakat Papua.

“Karena pesan moral lain pada film ini bahwa sinergitas TNI-Polri bukan hanya slogan semata, tapi kami nyata dan tentunya kami juga mau rubah pola pandangan masyarakat terhadap kami. Terus di dalam film ini, masyarakat juga akan diperlihatkan sisi lain Papua,” bebernya.

Kapolda juga menyadari bahwa film ini masih banyak kekurangan. Ia berharap di produksi film mendatang, Polda Papua bisa lebih baik lagi dengan menghadirkan produser dan sutradara hebat dari tanah Papua.

“Kami nanti akan minta saran dan masukan dari semua pihak untuk bahan kami putuskan film ini layak tidak untuk tayang di 8 kota besar di Indonesia,” tandasnya.

Sementara tokoh masyarakat pegunungan Papua, Paskalis Kossay mengatakan, film ini sarat menyampaikan pesan moral yang memuat nilai pembangunan dan membawa pesan kebaikan lainnya yaitu tentang realita kehidupan sosial masyarakat Papua.

“Ya, melalui peran di film ini akan memberikan muatan positif untuk masyarakat semua bisa berfikir apakah kita terus dalam keadaan seperti ini atau berubah terutama, generasi muda Papua,” kata Paskalis.

Ditambahkan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Papua, KH. Syaiful Islam Al Payage, ia mengapresiasi film Si Tikam Polisi Noken arena memiliki cerita yang luar biasa dan edukasi khususnya bag seseorang yang tengah berjuang menggapai cita cita.

“Saya berharap kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk mari kita sama sama menonton film  ini agar bisa liat sisi sisi lain Papua yang sangat luar biasa,” ucapnya

Hal senada juga disampaikan Anggota MRP Papua, Edison Tanati. Ia mengapresiasi Polda Papua karena telah memberikan prestasi luar biasa untuk Papua khususnya membuka ruang bagi anak anak muda Papua berkreasi dan berkarya.

“Saya setuju film SI Tikam Polisi Noken diputar di seluruh bioskop Indonesia, karena ini relita kehidupan di Papua,” terang Edison.

Selanjutnya Ketua PGPI Pdt. M.P.A. Maury, juga memberikan apresiasi atas pemutaran perdana film Si Tikam Polisi Noken yang dipersembahkan Polda Papua.

“Saya menganggap bahwa film ini banyak pembelajaram dan publikasi Papua secara spektakuler dan jika diputar diluar Papua sangat bagus, Film ini juga menggambarkan bahwa ternyata masuk anggota polisi bukan perjuangan mudah,” pungkas Pendeta Maury. (Redaksi Topik)

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here