Gubernur Papua, Lukas Enembe didampingi Ibu Yulce W Enembe saat menjadi Inspektur Upacara HUR Ri ke – 76 Provinsi Papua / ist

Jayapura, Topikpapua.com, – Peringatan upacara detik-detik Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 76 tahun 2021 Provinsi Papua di gelar Selasa pagi, 17 Agustus 2021 di halaman Gedung Negara Dok V Kota Jayapura.

Berbeda dengan Upacara pada tahun-tahun sebelumnya, Upacara kali ini hanya di hadiri oleh Forkompinda Papua dan diikuti oleh puluhan peserta yang berasal dari TNI-Polri, ASN, Siswa-siswi dan perwakilan Masyarakat Adat.

Baca Juga : Indahnya Bentangan Merah Putih 700 Meter di Bukit Tungkuwiri Sentani

Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe bertindak sebagai inspektur upacara.

Usai Upacara, lewat Juru Bicaranya, Gubernur Papua menyampaikan beberapa hal terkait perayaan HUT RI ke – 76 tahun 2021.

“Beliau berpesan bahwa Kemerdekaan yang di raih bangsa Indonesia ini adalah sesuatu yang sangat sakral, sesuatu yang sangat penting dan diperoleh dalam suatu perjuangan yang luar biasa, harta, nyawa di korbankan oleh para pahlawan kita, “Kata Jubir Gubernur Papua, Rifai Darus kepada Pers, selasa (17/08/21).

Baca Juga : Meriahkan HUT RI ke -76, PPM Papua Bagikan 1000 Bendera

Oleh karena itu, lanjut Rifai, Gubernur Enembe berpesan kepada generasi muda di Papua agar betul-betul memaknai kemerdekaan ini, karena menurutnya tanpa kemerdekaan ini Papua pun tidak akan menjadi bagian dari NKRI

Rifai juga mengatakan bila Gubernur Enembe sangat menghargai perayaan HUT RI, buktinya walau masih dalam keadaan proses penyembuhan namun Gubernur Enembe tetap mempersiapkan diri untuk memimpin Upacara.

“Karena kesakralan peringatan HUT RI ke 76 ini, Gubernur Papua bahkan dalam keadaan recoveri atau dalam proses penyembuhan dengan tangan yang baru lepas infus beliau tetap menyiapkan diri untuk memimpin upacara hingga selesai, “Ungkap Rifai.

Berikut kata Rifai, Gubernur Enembe juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh Forkompinda yang hadir, “ melihat semua Forkompinda hadir, pak gubernur merasa sangat bahagia dan bangga, sehingga dalam waktu dekat beliau akan mengundang secara khusus seluruh forkompinda Papua untuk bersiraturahmi dan bertukar pikiran tentang bagaimana membawa Papua kedepan, “Kata Rifai.

Menurut Rifai, Gubernur Enembe juga berpesan kepada seluruh rakyat Papua untuk fokus menjaga prokes covid-19 dengan baik sehingga agenda besar PON XX Papua yang akan di gelar pada bulan Oktober mendatang bisa berlangsung dengan adanya penonton.

“Gubernur memita kepada masyarakat Papua yang belum di vaksin agar segera vaksin dengan tata cara yang terkontrol, Jadi yang mau vaksin sebaiknya jujur akan kondisi kesehatannya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, “Ujar Rifai. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here