Gubernur Papua Lukas Enembe/foto istimewa

Jayapura, Topikpapua. Com, – Hari ini, Senin 27 Desember 2021, menjadi momen bahagia bagi pemerintah dan masyarakat Provinsi Papua. Pasalnya, provinsi yang terletak di ujung timur Indonesia ini genap berusia ke-72 tahun.

Gubernur Papua Lukas Enembe melalui Juru Bicara Muhammad Rifai Darus pun menyampaikan kebahagaiannya, dimana peringatan hari jadi Provinsi Papua, menjadi momentum untuk memperkuat komitmen semua pihak, instropeksi diri, dan evaluasi capaian-capaian pembangunan.

“Pak Gubernur Enembe katakan  pencapaian terbesar adalah Papua mampu membuktikan kepada bangsa Indonesia  bahwa Papua sebagai tuan rumah sukses menyelenggarakan PON XX dan Peparnas XVI 2021,” ujar Rifai di Jayapura.

Menurut Gubernur Enembe, kata Rifai, usia ke-72 adalah angka yang sudah sepatutnya menjadikan Papua sebagai daerah yang siap menyambut perubahan, terbuka akan inovasi dan dewasa dalam bersinergi.

Oleh sebab itu, Gubernur Enembe sangat menyambut baik terhadap berbagai masukan dari sejumlah elemen, dimana  hal itu menunjukan bahwa kepedulian dalam membangun Papua masih dalam koridor yang terang.

“Namun Pak Gubernur juga berpesan agar setiap orang yang memiliki niat membangun Papua janganlah membawa misi buruk atas nama kepentingan politik pragmatis yang hanya meracaukan harmoni yang sudah terbangun di Papua,” tegas Rifai mengutip pesan gubernur.

Di momen bertambah usia Provinsi Papua ini, Gubernur Enembe  juga mengajak seluruh anak-anak muda di Papua untuk dapat berkontribusi aktif dalam berbagai bidang. Banyak aspek yang harus dimajukan dan dikembangkan, terutama di bidang teknologi dan inovasi.

“ Gubernur ingin agar setiap anak-anak muda Papua mampu kokoh dan persisten dalam menghadapi tantangan, memenangkan persaingan demi meraih masa depan.” Ucap Rifai.

Menyinggung soal penerapan sejumlah peraturan perundang-undangan yang mempersempit ruang gerak Pemprov Papua serta membatasinya, kata Rifai, Gubernur Enembe tak memungkiri dan merasakan dampak tersebut.

Namun demikian, Gubernur Enembe mengajak seluruh elemen yang ada di Papua untuk memanfaatkan sebaik-baiknya anggaran yang tersedia,  guna mengakselerasi kemajuan dan pertumbuhan SDM di Papua.

“ Gubernur Lukas mengatakan bahwa jika ada limitisasi, kita harus mampu berinovasi, apabila tidak, kita akan terpuruk mundur lagi dan hanya menjadi daerah yang terus-terusan bertopang pada simpati,” terangnya.

Lebih gambalng HUT ke-72 Provinsi Papua,  masih memiliki warna yang sama dengan misi Pemprov Papua di kepemimpinan Lukas Enembe yakni untuk membawa Papua Bangkit.

“Gubernur berharap agar generasi yang akan datang senantiasa menengok era kita, dan mensyukuri peran yang kita jalani hari ini. Bangkitlah Papua!” tandas Rifai. (Redaksi Topik)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here