etua Fraksi BTI DPRD Kabupaten Jayapura, H. Wagus Hidayat, SE, saat rapat bersama di ruang kerjanya/Dok

Sentani, Topikpapua.com – Fraksi Bhinneka Tunggal Ika (BTI) DPRD Kabupaten Jayapura akan melakukan pengawasan terhadap penggunaan anggaran Covid-19 sebesar Rp49 Miliar di Kabupaten Jayapura.

Ketua Fraksi, Wagus Hidayat, SE, mengatakan pihaknya akan mendorong pembentukan Pansus untuk mengawasi penggunaan anggaran itu agar tepat sasaran.

“Anggaran yang cukup besar, namun  terkesan tak sebanding dengan realisasi di lapangan, sehingga Fraksi BTI akan mendorong pembentukan pansus untuk mengawasi ini,” kata Politisi PPP DPRD Kabupaten Jayapura ini kepada wartawan, Rabu (17/06/20).

Melihat perkembangan Kasus Covid-19 Kota Jayapura yang berada di urutan ke-3 Papua, kata Wagus, memang diperlukan pengawasan yang cukup ekstra. Sehingga, tidak ada kesan bahwa peningkatan status dari siaga darurat ke tanggap darurat di Kabupaten Jayapura, hanya untuk menaikkan anggaran penanganan Covid-19.

“Nah dengan adanya Pansus ini, maka,  kita bisa turun langsung ke lapangan mengecek sebenarnya penggunaan anggaran penanganan Covid-19 di masing-masing wilayah. Juga ke OPD terkait seberapa besar dana dari Rp49 miliar lebih itu tersalurkan,” tambah pria yang akrab disapa Dayat ini.

Anggota Komisi A DPRD Kabupaten Jayapura ini mengingatkan jangan sampai virus Corona, terkesan didramatisir apalagi sampai di politisir. “ Kalau demikian, inikan tidak manusiawi sekali,” tukas Wagus

Wagus juga menyoroti, tidak adanya keterlibatan semua wakil rakyat di DPRD Kabupaten Jayapura, dalam hal penyusunan dan pergeseran anggaran penanganan wabah Corona, oleh OPD terkait.

Mirisnya, hingga saat ini tidak pernah ada laporan detail, tentang peruntukkan dana yang bernilai fantastic tersebut. “Saya akui kalau selama ini kami sebagai anggota dewan tidak semuanya dilibatkan. Kami tau, setelah diberi tau, dan meminta pengawasan,” katanya. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here