Ini Kata Thomas Sondegau soal Pasukan Non Organik di Intan Jaya

0
Anggota DPR Papua, Thomas Sondegau

Jayapura, Topikpapua.com,  – Anggota DPR Papua, Thomas Sondegau menjadi salah satu orang yang mendukung penarikan pasukan Non Organik dari kabupaten Intan Jaya.

Hal itu, katanya sudah pernah disampaikan langsung kepada pimpinan di Pusat. Hanya saja, semuanya tergantung keputusan presiden.

“Saya pernah sampaikan itu, tapi kembali lagi kita ini Negara, semua tergantung pemerintah pusat, dan perlu juga disadari kehadiran pasukan di sana untuk melaksanakan tugas menjaga keamanan dan stabilitas negara,” katanya, Jumat (16/10/20).

Thomas mengaku tidak ingin memaksakan kehendak, walapun sebagian besar warga di Intan Jaya menginginkan hal yang sama. Disamping itu, ia juga tidak ingin dicurigai. ” Kita juga harus sadari bahwa ini negara. Ketika kita minta untuk menarik, pasti negara juga akan curiga kepada kita, ini ada apa?,” jelasnya.

Dilain sisi, Thomas meminta Kapolda Papua Irjen Pol. Paulus Waterpauw dan Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab segera menambah personil ke Polres Intan Jaya, lantaran menurutnya saat ini aparat kemanan di Intan Jaya terbilang sangat kurang.

“Saya minta Kapolda dan juga Pangdam VXII Cenderawasih dapat melihat kekurangan personil yang ada di Polres Intan Jaya, dan segera menambahkan, sebab personil di sana sangat sedikit,” katanya.

Ia berharap untuk kedepan,  semua pihak bekerja sama untuk memulihkan keamanan di Intan Jaya. Mengedepankan pendekatan persuasif kepada masyarakat setempat.

“Ini penting sehingga tidak terjadi penembakan, jangan jadikan Intan Jaya, Nduga maupun Papua pada umumnya sebagai operasi militer,”katanya. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here