Ketua Gugus Tugas Covid-19 kota Jayapura, Rustan Saru saat membagikan masker bagi warga pasar hamadi yang di karantina di Hotel Sahid / ist

Jayapura, Topikpapua.com, –  Pemerintah Kota Jayapura mengkarantina ratusan warga pasar hamadi yang ditemukan hasil Rapid nya Reaktif. Salah satu tempat yang di pakai adalah Hotel Sahid di wilayah Entrob.

Ketua gugus tugas Covid-19 Kota Jayapaura, Rustan Saru mengatakan di hotel sahid ada 126 warga pasar Hamadi yang saat ini menjalani proses karantina.

“Kalau total semuanya dari hasil rapid kita di pasar hamadi itu ada 239 orang yang reaktif, namun tempat tidur di hotel Sahid ini hanya ada 126 orang, yang lainnya kami letakkan di hotel Muspago, dan ada rencana juga nanti kalau tidak muat kita pakai diklat kota, “Kata Rustan kepada pers usai meninjau langsung warga pasar hamadi yang di karantina di hotel sahid, Kamis (14/05/20).

Menurut Rustan, selama menjalani masa karantina di hotel Sahid, warga akan di berikan fasilitas layaknya penghuni hotel, mulai dari makan minum hingga fasilitas olahraga akan disiapkan.

“Jadi selama mereka di sini, akan di beri makan tiga kali sehari, bagi yang puasa akan disiapkan hidangan sahur dan berbuka, kami juga siapkan fasilitas olahraga bagi mereka, dan semua gratis, “Jelas Rustan.

Selain itu tambah Rustan, semua kamar dilengkapi dengan AC, namun untuk menjaga kesehatan penghuni kamar, Rustan mengaku AC di tiap kamar akan di batasi hanya hingga 25 derajat saja.

“saya minta maaf ya.., walaupun ada AC di kamar, namun kami batasi hanya 25 derajat saja, karena virus corona ini akan aktif di suhu yang dingin, “Kata Rustan.

Dijelaskan Rustan yang juga adalah wakil walikota Jayapura, nantinya warga yang di karantina di hotel sahid akan segera diambil sampel swab untuk di lakukan PCR.

“Kita disini mungkin 3-4 hari, setelah diambil swab nanti akan di periksa pake PCR, kalau hasilnya negatif bisa langsung pulang, namun kalau hasilnya positif, ada dua opsi, pertama bila tanpa gejala bisa tetap disini, namun bila ada gejala akan di bawa ke Rumah sakit, “Beber Rustan.

Rustan juga memberikan apresiasi kepada warga pasar hamadi yang bersedia untuk sementara waktu di karantina dan meminta warga agar sabar dan terus berdoa.

“Saya paham situasi ini pasti tidak enak ya.., apalagi untuk sementara harus pisah dari keluarga, namun ini demi kebaikan kita semua, dan saya juga mau berikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada semua kita disini karena bersedia di karantina, “Ungkap Rustan.

Dirinya juga berpesan kepada warga yang beragama islam agar dalam masa karantina tetap melaksanakan ibadah puasa dan sholat lima waktu.

“Saya berpesan kepada yang umat muslim, agar tetap jalankan puasa, jalankan sholat dengan baik, yang agama lain tatap berdoa semoga pandemic ini cepat berlalu, Yang jelas ada hikmat disini, ada rahmad dan hidayah Tuhan disini.., kita tidak tau apa rencana Tuhan buat kita disini, yang penting kita sabar, iklas tulus dan berdoa, semoga Allah berikan rahmad bagi kita semuanya, “Pungkas Rustan Saru.

Berdasarkan data dari Tim Gugus tugas Covid-19 hingga hari kedua sejak pelaksanaan karantina wilayah di pasar hamadi dan sekitarnya tim gugus tugas kota jayapura telah melakukan rapid test kepada 909 orang dan hasilnya sebanyak 239 orang dinyatakan Reaktif.

Sementara itu hingga Rabu 13 Mei 2020 jumlah komulatif pasien positif Covid-19 di Kota Jayapura sebanyak 73 orang, pasien sembuh di laporkan sebanyak 24 orang. Pasien meninggal dunia 3 orang. PDP sebanyak 40 orang, ODP sebanyak 175 dan OTG sebanyak 408 orang. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here