kondisi jembatan Trans Papua di Distrik Elelim yang putus di terjang derasnya arus sungai Yahuli / Istimewa

Jayapura, Topikpapua.com, – Akibat hujan deras yang mengguyur Papua dalam sepekan terakhir membuat debit air sungai meningkat, akibatnya sebuah jembatan trans papua di daerah Membramo – elelim kabupaten Yalimo putus.

Berdasarkan laporan dari balai jalan dan jembatan kementerian PUPR wilayah delapan belas Papua, hanyutnya jembatan yang menghubungkan kota jayapura dengan kabupaten jayawijaya ini terjadi pada hari minggu (03/02/19) malam.

“ jembatan itu masih bersifat sementara, hari minggu malam hanyut karena hujan deras. Jembatan itu diatas sungai Yahuli, tepat nya di kilometer 383 di daerah membramo – elelim yahukimo, “ ungkap kepala balai jalan dan jembatan kementerian PUPR wilayah delapan belas papua , Osman Herianto Marbun kepada Redaksi Topik, Senin ( 04/02/19) siang.

Osman menambahkan, untuk sementara jalan menuju wamena belum bisa di lewati, dan perbaikan nya memakan waktu hingga 3 bulan kedepan.

“ untuk sementara rute jayapura-wamena terputus saat ini tidak bias digunakan lagi , kami akan memperbaiki secepat nya, namun karena kami tidak mempunyai stok rangka jembatan maka harus tunggu lagi dari Jakarta, sekitar 3 bulan baru bisa kami perbaiki, “ jelas Osman.

Akibat putusnya jembatan Yahuli ini di pastikan harga barang di 8 daerah pegunungan papua akan mengalami kenaikan harga, pasalnya para pedagang hanya bisa mendristribusikan barang dagangan nya lewat jalur udara.

Jembatan Yahuli merupakan satu dari 38 jembatan penghubung jalan trans papua yang di bangun oleh balai jalan dan jembatan kementerian PUPR wilayah delapan belas papua. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here