Cabor Judo Perpanas Papua/foto istimewa

Jayapura, Topikpapua.com, – Dua atlet Papua berhasil menyabet dua medali emas di cabang olahraga (cabor) Judo pada ajang Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua yang diselenggarakan di Gelanggang Olahraga (GOR) Trikora, Kota Jayapura, Senin (8/11/2021). 
Dua atlet yang berhasil mendapatkan medali emas tersebut adalah Yovan Rate dari kelas berat badan kurang dari 50 kilogram (-50 kg) putra dan Junaedi dari kelas berat badan kurang dari 55 kg (-55 kg) putra. 

Keduanya berhasil menang dengan ciamik dengan cara membanting lawannya di atas matras. Lalu, kemudian menguncinya dengan gerakan sempurna. Medali ini merupakan yang pertama didapatkan dalam cabor Judo. 

Dalam ajang ini terdapat dua atlet lain yang juga berhasil mendapatkan medali emas yakni Judoka Mariani yang berasal dari Jawa Barat dari kelas berat badan kurang dari 45 kg (-45 kg) dan Judoka Amiyah yang berasal dari Riau. 
Sedang atlet yang berhasil menyabet medali perak adalah Maria Sihotang yang berasal dari Sumatera Utara (Sumut), Herman Halawa dari Sumatera Utara (Sumut), Aldia Fantika Rahmasati dari Papua, Nor Hasan asal Kalimantan Selatan (Kalsel). 

Kemudian, Atlet yang mendapatkan medali perunggu Asri Andanda yang berasal dari DKI Jakarta, Triana Puspitasari yang berasal dari Papua, Riscar Aditia Utama dari Jawa Barat, Angga Mulyana dari Jawa Barat, Lutfi Gazali Rahman dari Kalimantan Selatan, Nurhayati Sitinjak dari Riau, dan Ishadi dari Riau.  
Khusus dari atlet yang memperoleh perunggu ada terdapat atlet yang juara bersama. Artinya, keduanya mendapatkan medali perunggu bersama. 

Diketahui pada hari ini, pada pertandingan pertama ini, akan diikuti oleh sekitar 25 Judoka dari kelas pertandingan putra dan putri. Mereka semuanya berasal dari 6 kontingen yakni Papua, Jawa Barat (Jabar), Riau, Kepulauan Riau (Kepri), Kalimantan Selatan (Kalsel), Sumatera Utara (Sumut). 

Pertandingan pertama ini akan langsung memperebutkan medali emas, perak dan perunggu. Tahap penyisihan akan diberi waktu pada sekitar pukul 09.00 -11.30 WIT, kemudian tahap perempat final akan dilakukan pada sekitar pukul 13.30 -15.00 WIT, dan terakhir adalah semifinal dan final akan digelar pada pukul 15.30 -17.00 WIT. (Redaksi Topik/Info Publik.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here