Hari Ini Ada 6 Kasus Positif C-19 di Jayapura, 4 di Kabupaten, 2 di Kota

0
Infografis Penyebaran Covid-19 di Papua tanggal 18 April 2020 / SC-19P

Jayapura, Topikpapua.com, – Jumlah pasien Positif Covid-19 di Kabupaten dan Kota Jayapura kian bertambah, hari ini, Sabtu 18 April 2020, berdasarkan data dari Satgas Covid-19 Papua di laporkan ada penambahan 6 kasus baru positif di dua daerah tersebut.

“Hari ini kita ada tambahan 6 kasus baru positif covid, 4 dari kabupaten Jayapura dan 2 dari Kota Jayapura, sehingga total komulatif positif Covid-19 di Papua hinga pukul 19.00 wit sebanyak 95 kasus,” Ungkap Jubir Satgas Covid-19 Papua, dr. Silwanus Sumule kepada Pers, Sabtu (18/04/20).

Dijelaskan Sumule, dari 95 kasus positif di Papua saat ini 69 pasien dalam perawatan dengan kondisi sakit ringan sampai sedang, sementara itu ada 19 pasien yang dinyatakan sembuh dan 7 pasien Meninggal dunia.

“Kabar baiknya dalam minggu ini ada peningkatan jumlah pasien sembuh dan jumlah pasien yang meninggal dunia tidak naik, semoga kondisi ini akan terus bertahan, “Jelas Sumule.

Adapun data jumlah pasien yang sembuh berasal dari kabupaten Merauke sebanyak 4 orang, kota Jayapura sebanyak 7 orang, kabupaten Mimika sebanyak 3 orang dan 4 orang dari kabupaten Jayapura.

“Untuk jumlah PDP kita tidak ada perubahan, tetap 101 kasus sedangkan untuk ODP berkurang sebanyak 25 orang dari 3.532 menjadi 3.507, “Tanbah Sumule.

Sumule juga mengaku bila hingga saat ini Litbangkes Papua telah berhasil memeriksa 467 sampel swab dari pasien.

“ kita berikan apresisasi buat teman-teman di litbangkes dan tenaga laboratorium yang sudah bekerja dengan sangat keras sehingga bisa memeriksa 467 sampel hingga saat ini, “Kata Sumule.

Terkait tambahan 6 kasus baru yaitu 4 kasus di kabupaten dan 2 kasus di kota Jayapura, Sumule menduga penyebaran nya bukan lagi dari klaster luar Papua, seperti dari Gowa dan Lembang, namunmerupakan penyebaran lokal.

“ Kalau yang di Kabupaten Jayapura itu dalam dua hari ini memang lumayan banyak tambahan kasus positif dan itu masih berada di kisaran pasar lama sentani dan ini mulai terungkap karena kerja tim yang sudah lakukan trace, namun dugaan kami penularan nya secara lokal. Sehingga saat ini bukan lagi kita cari tau dari klaster mana, tetapi harus kita perketat agar tidak menyebar karena adanya penularan lokal, “Beber Sumule.

Sumule pun kembali berharap agar masyarakat lebih peduli lagi dengan pandemi covid di Papua.

“Satu-satu nya cara agar Pandemi ini cepat berlalu adalah kepedulian masyarakat, selama masyarakat tidak mengikuti protokol yang sudah di sampaikan oleh pemerintah, sehebat apa pun tenaga medis kita, selengkap apapun peralatan kita tidak akan ada gunanya, karena virus ini diam, tapi masyarakatlah yang bergerak sehingga virus juga ikut bergerak dan menjangkiti orang lain, “Pungkas Sumule.

Tetap di rumah, bila harus keluar gunakan masker, hindari kerumunan, hindari kontak langsung dengan orang di luar rumah, jaga kebersihan, rajin cuci tangan dan tetap berdoa.., Semoga Tuhan segera menjauhkan virus ini dari Tanah Papua #sajagakokojagasatongsemuaselamat. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here