Grebek Markas KNPB Timika, Aparat Temukan Senjata, Ratusan Amunisi dan Bom

0
Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM.Kamal saat menunjukkan barang bukti yang berhasil diamankan dari markas KNPB Timika / Nug

Jayapura, Topikpapua.com, – Aparat Gabugan TNI-Polri berhasil menemukan markas Komite Nasional Papua Barat (KNPB) wilayah Timika pada Sabtu (15/09/18) pagi. Saat di grebek aparat sempat melumpuhkan 2 anggota KNPB yang berusaha melawan petugas.

Dari hasil penggeledahan aparat gabungan berhasil mengamankan 8 orang pria, yakni TG, HW, HE, PN, EH, NA, JK, YW. Selain itu aparat gabungan juga mengamankan sejumlah barang bukti seperti Senjata rakitan jenis Revolver, 104 butir amunisi Kaliber 5,56, 11 butir amunisi  Revolver , satu butir amunisi 7,62 untuk senjata AK47, tujuh botol Bom Molotov rakitan, Bendara bintang kejora, Dokumen Papua merdeka, handphone, laptop, alat tajam serta tombak dan anak panah.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM.Kamal mengungkapkan sampai dengan saat ini kedelapan pelaku yang diduga sebagai pemilik dari dokumen serta amunisi dan bintang kejora sudah diamankan di Mapolres Mimika guna pemeriksaan lebih lanjut.

” Mereka saat ini sudah di amankan di Polres Timika beserta barang bukti, hingga kini belum diketahui mereka ini merupakan komplotan dari KKB di timika dibawah pimpinan Sabinus Waker atau tidak, karena masih dalam pemeriksaan,” ungkap Kamal kepada nokenlive.com di ruang media center Mapolda Papua, Sabtu (15/09/18).

Kamal pun menambahkan selain delapan orang yang diamankan pihak keamanan masih memburu dua pelaku lainnya yang sudah dikantongi Identitasnya terkait kepemilikan amunisi dan bintang kejora serta barang bukti yang diamankan saat penggeledahan.

“Ada dua orang agar yang kami masih lakukan upaya penangkapan, dimana saat penggeledahan keduanya tidak berada di lokasi,” jelasnya.

Dijelaskan Kamal, Penggeledahan yang dilakukan aparat Gabungan inin merupakan tindak lanjut dari pengembangan terhadap seorang remaja berinisial RW (20) yang ditangkap di Bandara Moses Kilangin Timika lantaran kedapatan membawah 153 amunisi aktif serta uang tunai senilai Rp110 juta rupiah.

“Penggeledahan ini dari hasil pemeriksaan pelaku RW yang menyebutkan lokasi tersebut merupakan tempat dimana dirinya mendapatkan ratusan amunisi yang hendak dibawahnya ke Yahukimo menggunakan pesawat,” Pungkasnya. (Nug)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here