Gedung dan Mess DPR Papua Plus Jalan Ring Road Habiskan Rp 1.021 Milyar

0
Gedung DPR Papua II (kiri), Ring Road, Gedung Mess DPR Papua (kanan) / istimewa

Jayapura, Topikpapua.com, – Papua boleh berbangga karena saat ini telah memiliki sebuah gedung megah dengan fasilitas terbaik di Papua. Di resmikan Gubernur Lukas Enembe pada Kamis (01/08/19) Gedung berlantai 15 ini kabarnya dilengkapi tempat pendaratan helicopter dan juga lahan parkir yang mampu menampung hingga 500 kendaraan.

Selain gedung DPRP Papua, Gubernur Lukas Enembe juga meresmikan dua proyek besar lainnya, yakni Mess DPR Papua dan Jalan Ring Road. Peresmian secara simbolis ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Gubernur berlangsung di halaman Gedung II DPRP.

Berdasarkan keterangan dari Sekertaris DPRP, Yuliana Waromi membeberkan gedung DPRP yang dibangun sejak 2016 lalu menghabiskan anggaran lebih dari Rp 222 Miliar dan dikerjakan secara multiyears.

Sementara untuk Mess DPRP, Sekwan Yuliana Waromi menjelaskan,bila pengerjaan Mess tersebut sejak tahun 2007 lalu, namun karena adanya kendala tekhnis, membuat pembangunannya dihentikan. Baru pada 2013, pembangunan gedung ini dilanjutkan.

“Dibawah kepemimpinan Gubernur Lukas Enembe, mess ini kembali dibangun pada 2013 lalu,” jelasnya. Adapun total anggaran APBD Provinsi untuk pembangunan mess ini adalah kurang lebih Rp16 Miliar.

Sedangkan menurut Kepala Dinas PUPR, Girius One Yoman menyebutkan total anggaran pembangunan Ring Road yang telah digelontorkan lewat APBD Provinsi Papua adalah sebesar Rp,783 Miliar.

Bila di total ketiga proyek ini menelan biaya mencapai Rp. 1.021 Milyar.

Gubernur Papua, Lukas Enembe saat meresmikan gedung DPR Papua, Jalan Ring Road dan Mess DPR Papua, Kamis (01/08/19) / KT

Harapan Gubernur Papua

Usai meresmikan tiga proyek yang menelan biaya hingga seribu milyar rupiah tersebut, Gubernur Lukas Enembe meminta agar gedung baru DPRP yang baru bisa dimanfaatkan dan dijaga sebaiknya oleh para anggota dewan dan staf yang berkantor di gedung tersebut, demi kelancaran tugas pekerjaan yang diemban.

Sementara itu terkait Mess DPRP, Gubernur berharap semoga dapat dimanfaatkan sebaiknya, apalagi  mess ini juga akan dibuka untuk umum sebagai tempat inap. Sehingga ke depan bisa menjadi salah satu sumber pendapatan daerah.

Sementara itu terkait peresmian ring road, Gubernur berharap dengan pembangunan jalan ring road dapat memberikan manfaat terutama dalam kelancaraan arus lalu lintas di wilayah kota Jayapura, mengurangi kemacetan serta meningkatkan produktivitas masyarakat. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here